kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG menggeliat, hasil investasi asuransi jiwa diprediksi bisa pulih di 2021


Senin, 04 Januari 2021 / 17:33 WIB
IHSG menggeliat, hasil investasi asuransi jiwa diprediksi bisa pulih di 2021


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja investasi industri asuransi cukup tertekan sepanjang 2020 akibat sentimen pandemi Covid-19. Namun tahun ini diprediksi hasil investasi semakin membaik seiring menggeliatnya kinerja pasar saham akibat pemulihan ekonomi dan rencana vaksinasi.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), imbal hasil dari investasi mengalami perlambatan sebesar 252,8% pada Kuartal III Tahun 2020 yang mengalami minus Rp 17,57 triliun. Padahal hasil investasi pada September 2019 mencapai Rp 11,50 triliun.

Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu menyatakan tren perbaikan hasil investasi sudah bergulir sejak kuartal ketiga 2020. Namun, perkembangan kasus Covid-19 masih menjadi acuan pergerakan IHSG.

Baca Juga: Begini upaya BPD tingkatkan pangsa pasar di wilayah asalnya

“Saya pikir, kita tetap optimis tapi juga hati-hati. Kita berharap dengan adanya vaksin, tidak muluk-muluk. Setidaknya bisa kembali ke sebelum Covid-19. Pertumbuhan investasi di asuransi jiwa itu cukup lumayan, pertumbuhannya sekitar 15% hingga 20%, kita harapkan ke sana dulu,” ujar Togar belum lama ini.

Wiroyo Karsono, Ketua Bidang Komunikasi dan Marketing AAJI mengaku strategi investasi di 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bila biasanya penempatan di saham dan reksa dana meningkat, tahun lalu mengalami penurunan.

“Pada kuartal ketiga 2020, Surat Berharga Negara (SBN) itu mengalami kenaikan, jadi 18,6% tahun lalu 15,3%. Sukuk dari 6,7% jadi 8,9%. Sementara saham turun, padahal tahun lalu saham ini sama dengan reksadana 37,7% sekarang tinggal hanya 24,8%. Reksadana juga berkurang sedikit dari 34% jadi 33%,” papar Wiroyo.

AAJI mengakui kesulitan untuk menyerap SBN yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Lantaran instrumen investasi ini cukup langka dan juga dikoleksi oleh investor institusi lainnya.

Asosiasi menyarankan agar pemerintah menyiapkan SBN khusus untuk industri asuransi jiwa. Tujuannya, agar dapat memenuhi porsi kewajiban 30% terhadap total portofolio investasi sesuai ketentuan regulator.

Baca Juga: Ini strategi IFG jadi pemain besar di industri asuransi

Ketua Bidang Keuangan, Pajak, dan Investasi AAJI Simon Imanto menyampaikan guna antisipasi likuiditas jangka panjang, AAJI menyarankan untuk melirik surat utang dari perusahaan BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur. Utamanya proyek jalan tol yang sudah berjalan, Ia menyebut hal ini lebih terukur risikonya.

“Setia pada SBN jangka panjang, kita akan selalu berpartisipasi, karena mendukung asset liability management yang ada di industri asuransi jiwa. Namun, selama unitlink masih mendominasi, maka strategi investasi sesuai pilihan nasabah,” papar Simon.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×