kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45702,42   14,31   2.08%
  • EMAS944.000 2,83%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Implementasi kartu debit chip Bank Mandiri, BCA dan BRI sudah lampaui target


Jumat, 10 Januari 2020 / 16:51 WIB
Implementasi kartu debit chip Bank Mandiri, BCA dan BRI sudah lampaui target
ILUSTRASI. Petugas kasir melayani konsumen yang bertransaksi menggunakan kartu debit.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan terus berupaya mendorong implementasi chip dalam kartu debit yang sudah beredar saat ini. Bank Indonesia (BI) telah menetapkan aturan yang mewajibkan kartu debit sudah harus 100% menggunakan chip pada akhir 2021.

Pada akhir 2019, BI menargetkan implementasinya sudah harus 50% minimal dan wajib 80% pada akhir 2020. Implementasi teknologi chip dalam kartu debit merupakan langkah untuk meningkatkan keamanan kartu dari risiko skimming. Sejumlah bank telah berhasil melampaui target BI pada akhir 2019 dan akan berupaya untuk melampaui target minimal yang ditetapkan pada tahun 2020.

PT Bank Mandiri Tbk misalnya telah mendistribusikan 7,98 juta kartu debit chip hingga akhir 2019. Angka tersebut setara 54% dari total kartu debit perseroan yakni 14,7 juta. Dari jumlah kartu chip itu, sudah 3,8 juta kartu berlogo GPN atau mencapai 48%.

Baca Juga: Lebih dari separuh kartu debit dari tiga bank ini sudah pakai chip

Senior Vice President Retail Deposit Product & Solution Bank Mandiri Muhamad Gumilang mengatakan, Bank Mandiri tahun ini akan fokus untuk mencapai target konversi chip yang diberikan regulator yakni sebesar 80%.

"Untuk mencapai itu, Bank Mandiri akan lebih meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada nasabah melalui berbagai media komunikasi mengenai keamanan transaksi menggunakan kartu chip. Lalu melakukan open booth di event atau area publik Bank Mandiri," jelas Gumilang pada Kontan.co.id, Kamis (9/1).

Selain mendorong implementasi kartu debit chip, Bank Mandiri juga akan mendorong pertumbuhan jumlah kartu debit. Tahun ini, bank ini menargetkan kartu debit tumbuh 7% atau mencapai 16 juta pada penghujung tahun.

Peningkatan ini akan didorong melalui pembukaan rekening Mandiri secara online, dan melalui cabang. Selain itu, tambah Gumilang, Bank Mandiri juga akan menawarkan program-program menarik bagi pengguna Mandiri Debit untuk bertransaksi di merchant dan e-commerce.

Sementara PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sudah mengimplementasikan chip di sebanyak 69% kartu debit BCA yang beredar sampai pada akhir 2019 yakni 20 juta. Sebanyak 23% dari kartu chip itu sendiri sudah menggunakan logo GPN.




TERBARU

Close [X]
×