kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Incar Dana Murah, Bank-Bank Kecil Berlomba Kembangkan Mobile Banking


Selasa, 11 Juni 2024 / 19:07 WIB
Incar Dana Murah, Bank-Bank Kecil Berlomba Kembangkan Mobile Banking
ILUSTRASI. Sejumlah bank kecil berlomba mengembangkan mobile banking. TRIBUNNEWS/HO


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tingginya biaya dana (cost of fund) telah mendorong beberapa bank untuk berinovasi mencari dana murah. Salah satu upaya yang kini kencang dilakukan adalah pengembangan mobile banking yang dimiliki.

Seperti diketahui, kemudahan mobile banking yang dimiliki bank bisa membuat nasabah lebih lama menyimpan tabungannya atau dana murah pada bank tersebut. Terlebih, jika aplikasi mobile banking yang dimiliki suatu bank mampu memenuhi kebutuhan transaksi nasabah.

Baru-baru ini, PT Bank JTrust Indonesia Tbk (BCIC) mengumumkan akan meluncurkan aplikasi mobile banking yang baru pada 17 Juni 2024 mendatang bernama J Mobile dan J Net. Sebelumnya, aplikasi tersebut bernama J Trust Mobile dan J Trust Net.

Baca Juga: Intip Kelebihan Mobile Banking KBstar Milik KB Bank yang Diklaim Super Lengkap

Direktur Bisnis PT Bank JTrust Indonesia Tb Hendra Widjaja mengungkapkan bahwa pembaruan aplikasi ini bisa lebih mudah digunakan. Harapannya, bisa berdampak pada perkembangan bisnis bank ke depan terlebih nasabah bisa lebih suka menyimpan tabungannya di JTrust.

“Ya pastinya nasabah retail dan corporate bisa nyaman bertransaksi secara online,” ujar Widjaja.

Ia menjelaskan beberapa pengembangan yang dilakukan dalam aplikasi terbaru ini. Antara lain, penambahan beberapa fitur layanan pembayaran dan pembelian dan menjadi lebih user friendly dengan tampilan yang sederhana dan mudah.

Sayangnya, Widjaja tak mau menyebutkan berapa investasi yang dikeluarkan dalam pengembangan aplikasi ini. Ia hanya mengungkapkan bahwa pengembangan tersebut menghabiskan dana kurang dari Rp 1 miliar.

Sebagai informasi, per Desember 2023, pengguna aplikasi yang dimiliki JTrust telah sebanyak 45,168 pengguna. Sementara, jumlah transaksi yang tercatat melalui aplikasi tersebut mencapai Rp 39 triliun.

Tak hanya JTrust, PT Bank KB Bukopin Tbk juga menjadi salah satu bank yang juga gencar mengembangkan aplikasi mobile banking yang dimliki, yakni KB Star. Di mana, pengembangannya diklaim bisa memudahkan nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan dengan lebih efisien.

Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong mengungkapkan, pengembangan aplikasi ini berarti peningkatan pengendapan dana nasabah melalui produk tabungan, deposito, dan tabungan rencana. 

Baca Juga: Login BRImo Kini Lebih Praktis dengan Fitur Biometrik

Selain itu, dengan semakin banyaknya transaksi yang dilakukan melalui KB Star, KB Bank juga akan mendapatkan keuntungan dari fee-based income dari biaya transaksi.

“Kami terus mengembangkan KB Star untuk memastikan layanan yang kami berikan kompetitif dengan aplikasi bank lainnya yang saat ini banyak digunakan, seperti BRImo dan Livin',” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa untuk pengembangan aplikasi digital KB Star, pihaknya telah menyiapkan investasi ke depan namun tak menyebut nilai pastinya. 

Ia hanya bilang anggaran dialokasikan untuk memastikan teknologi yang digunakan adalah yang terbaru dan terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×