kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Industri fintech mulai terdampak corona, begini strategi yang dilakukan Aftech


Minggu, 10 Mei 2020 / 22:27 WIB
Industri fintech mulai terdampak corona, begini strategi yang dilakukan Aftech
ILUSTRASI. ilustrasi fintech. /2017/01/04


Reporter: Annisa Fadila | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus corona (Covid-19) yang belum mereda membuat industri fintech ikut terdampak. Hal itu disebabkan adanya perubahan produktivitas dan efisiensi kerja yang tidak maksimal karena adanya program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Untuk melindungi industri fintech, Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) selaku penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) turut melakukan beberapa strategi guna mempertahankan keberadaan fintech.

Baca Juga: Danain sudah kucurkan pendanaan Rp 153 miliar pada kuartal I-2020

Ketua Harian Aftech Mercy Simorangkir mengatakan, untuk memfasilitasi anggotanya dalam menghadapi tantangan guna menjalankan kegiatan usaha, Aftech akan meningkatkan dialog dan advocacy dengan pemerintah terkait kontribusi fintech dalam mengurangi dampak negatif Covid-19, khususnya pada perekonomian nasional.

“Pandemi ini berdampak signifikan terhadap kegiatan usaha penyelenggara fintech. Aspek produktivitas operasional, permintaan, ekspansi usaha termasuk pendanaan hingga manajemen risiko turut mengalami dampak,” kata Mercy kepada Kontan Ahad, (10/5).

Ia menambahkan, Aftech juga akan mempercepat komunikasi dan kolaborasinya kepada komunitas. Hal itu bertujuan untuk memperkuat ekosistem inovasi keuangan digital di Indonesia.

Baca Juga: Industri fintech mulai terdampak corona, ini kata Aftech

Mercy bilang, salah satu langkah yang telah diambil seperti anggota Aftech telah menerapkan berbagai inisiatif guna membantu masyarakat, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pemerintah maupun lembaga keuangan lain dalam menghadapi dampak negatif corona. Ia menyebutkan, beberapa inisiatif program bertujuan untuk memberikan faslitas pembiayaan dan penguatan manajemen keuangan di masa krisis bagi UMKM.

Perlu diketahui, hasil survei Aftech terhadap anggotanya di awal April lalu menunjukkan sebanyak 68% dari responden yang merupakan penyelenggara fintech telah terdampak oleh corona. Namun, sebanyak 23,4% lain menyatakan kegiatan usahanya masih tumbuh dan belum mengalami gangguan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×