kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin Kuasai Pemasaran Media Sosial? Cukup Jadi Nasabah PNM


Kamis, 07 Maret 2024 / 12:26 WIB
Ingin Kuasai Pemasaran Media Sosial? Cukup Jadi Nasabah PNM
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Produksi batik di Bogor, Senin (27/1). Asosiasi UMKM Indonesia menyebutkan bahwa UMKM Sektor Kuliner dan fashion lebih dapat bertahan di tengah kondisi perekonomian yang menantang. Hal tersebut karena kedua sektor tersebut menggunakan bahan baku dalam negeri yang mampu menekan biaya. KONTAN/Baihaki/27/1/2020


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Di samping modal usaha, pelaku usaha perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai untuk menjaga kelangsungan usahanya. Selain keterampilan bisnis dasar seperti pengelolaan keuangan, pelaku usaha juga harus mengikuti perkembangan zaman dan memasarkan usahanya secara online.

Pelatihan bagi pelaku usaha dengan berbagai tema tersebut dijalankan Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Program ini bertujuan untuk memberikan pendampingan serta pembinaan kepada para pelaku UMKM di Indonesia.  Sejak 2010, PNM memberikan pelatihan dan pendampingan kepada nasabah ULaMM. Menjawab kebutuhan pelatihan yang kian berkembang,

Perusahaan membentuk Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha (Divisi PKU) pada 2011 dan pada 2018 guna memenuhi kebutuhan pengembangan usaha nasabah PNM Mekaar.

Baca Juga: Jadi Agen BRILink, Nasabah PNM Mekaar Bisa Peroleh Penghasilan Tambahan

Dikutip dari situs resminya, Divisi PKU merancang tiga tema besar dalam kegiatan Pelatihan kepada Nasabah PNM Mekaar yaitu:

Tema Literasi Keuangan

Pelatihan ini berlangsung pada tahun 2022, dengan mengangkat tema pentingnya literasi keuangan dalam usaha nasabah. Adapun materi-materi meliputi pentingnya menabung, pentingnya memisahkan uang usaha dan uang keluarga, produk-produk menabung, cara membuka rekening, cara menggunakan ATM, cara menggunakan mobile banking, cara melakukan transaksi perbankan, dan materi-materi dasar lainnya yang berkaitan dengan literasi keuangan.

Tema Perizinan Usaha

Pelatihan ini mengangkat tema pentingnya memiliki perizinan usaha, dalam hal ini Nomor Induk Berusaha (NIB). Adapun materi-materi yang disampaikan meliputi manfaat perizinan usaha, syarat/cara memiliki NIB.

Tema Pemasaran di Media Sosial

Pelatihan tersebut dengan mengangkat tema pemasaran usaha di sosial media (Facebook, WhatsApp, Instagram). Adapun materi-materi yang disampaikan meliputi manfaat memiliki akun media sosial, tata cara register di akun media sosial, manfaat pemasaran di media sosial.

Baca Juga: Pelaku Usaha, Ini Rincian Pengembangan Kapasitas dari PNM

Selain itu PKU juga merancang tiga tema besar dalam kegiatan Pelatihan kepada Nasabah ULaMM yaitu:

Tema Pemasaran di E-Commerce/Marketplace Pelatihan di Januari sampai dengan Desember 2022, dengan mengangkat tema pemasaran usaha di E-Commerce/Marketplace (Shopee, Tokopedia, Lazada, PaDi). Adapun materi- materi meliputi manfaat memiliki akun e-commerce/marketplace, tata cara register di akun e-commerce/marketplace, manfaat pemasaran di e-commerce/marketplace.

Tema Pengembangan Kemasan

Pelatihan mengangkat tema pentingnya mengembangkan usaha melalui kemasan. Adapun materi-materi meliputi manfaat memiliki kemasan, cara melakukan foto produk, cara membuat logo, cara packaging yang menarik.

Tema Penggunaan Aplikasi Pencatatan Keuangan. Pelatihan ini mengangkat tema pentingnya memiliki aplikasi keuangan sebagai tools bagi nasabah dalam melakukan pemasukan dan pengeluaran keuangan usaha nasabah, seperti aplikasi Chatat.Id dan aplikasi Buku Warung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×