kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Langkah Bank DKI Meningkatkan Implementasi ESG


Sabtu, 09 Maret 2024 / 19:01 WIB
Ini Langkah Bank DKI Meningkatkan Implementasi ESG
ILUSTRASI. Bank DKI


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan terus memperkuat implementasi Environment, Social, Governance (ESG) atau lingkungan, sosial, dan tata kelola untuk mencapai tujuan berkelanjutan. Implementasi tersebut tidak hanya dilakukan dari sisi operasional perusahan tetani juga dari sisi pembiayaan. 

Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mencapai nol emisi karbon atau Net zero emission pada 2060 serta memitigasi risiko perubahan iklim besar.

Bank DKI misalnya, berupaya mengintegrasikan faktor ESG ke dalam keputusan keuangan, termasuk didalamnya peningkatan transparansi dalam laporan keuangan.

Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, dalam kaitannya dengan penerapan ESG, Bank DKI memiliki peran strategis sebagai agen perubahan dalam mendukung visi keberlanjutan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

”Bank DKI tidak hanya berperan sebagai entitas bisnis, namun juga mengemban tanggung jawab pelayanan publik dengan mengimplementasikan program keuangan berkelanjutan dengan menghadirkan inovasi produk dan layanan yang mendukung terhadap lingkungan, ekonomi, sosial, dan masyarakat,” kata Amirul dalam keterangannya resminya, Sabtu (9/3).

Baca Juga: Bank UOB Dorong Pertumbuhan Kredit Lewat Garuda Indonesia UOB Credit Card

Dari sisi pembiayaan,  tercermin dari kredit Bank DKI ke segmen UMKM yang telah mencatatkan porsi 10,74% terhadap total kreditnya sebesar  Rp 52 triliun per akhir 2023. 

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi mengatakan, komitmen Bank DKI terhadap implementasi ESG juga  dilakukan melalui program CSR unggulan, yakni Jakarta Koperasi Hidroponik (Jakonik).

Program tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi komunitas sekitar dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberdayakan perekonomian lokal.” Keberhasilan Jakonik  terbukti mampu membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh,” kata Arie.

Baca Juga: BSI Luncurkan Sukuk Gold Ownership Program, Targetkan Penjualan Rp 2 Triliun
 
Saat ini, Jakonik telah memiliki 9 kelompok anggota yang tersebar di sembilan wilayah rusun di Jakarta. Para anggota Jakonik telah dibekali pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan hasil panen serta pengelolaan bisnis hidroponik dari hulu hingga hilir.

Atas komitmennya menjalankan ESG, Bank DKI berhasil meraih penghargaan dari B-Universe sebagai Pemenang kategori ESG Recognized Commitment.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×