kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45867,20   12,42   1.45%
  • EMAS1.371.000 1,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Langkah BTN dalam Mengimplemtasikan Praktik ESG


Rabu, 12 Juni 2024 / 01:59 WIB
 Ini Langkah BTN dalam Mengimplemtasikan Praktik ESG


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berkomitmen untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan atau environmental, social, and governance (ESG) dalam menjalankan bisnisnya. 

Corporate Secretary BTN Ramon Armando mengatakan, penerangan praktik ESG tersebut dilakukan untuk mengurangi emisi karbon dalam proses bisnis. Langkah itu merupakan bentuk dukungan perseroan untuk menuju target net zero emission (NZE) pada 2060 yang sudah ditetapkan pemeritah. 

BTN sudah memiliki roadmap jangka panjang dalam implementasi ESG. Bank ini juga sudah menjalankan beberapa inisiatif strategi ESG berdasarkan 6 komponen framework bertajuk Become The ESG Champion.

Baca Juga: Perbankan Ramai-ramai Tawarkan KPR Hijau, Apa Bedanya dengan KPR Konvensional? 

“Hasilnya, BTN telah mencatatkan perhitungan emisi scope 1 sebesar 7.282 ton CO2eq dan scope 2 sebesar 8.964 ton CO2eq dan scope 3 (termasuk financed emission) sebesar 812.347 ton CO2eq" kata Ramon dalam keterangan resminya, Selasa (11/6).

Ramon bilang, ada 6 komponen framework BTN dalam mengimplementasikan ESG, yakni sustainable Finance, climate change & ecosystems, people & community, ESG in the value chain, stakeholder inclusiveness, dan Integrated GRC. 

Ia menjelaskan terdapat berbagai langkah BTN dalam mengimplementasikan 6 komponen framework tersebut. Pertama, dari segi lingkungan, BTN berupaya mengurangi emisi karbon lewat menjalankan transisi energi bersih dan clean banking operation (paperless dan efisiensi energi).

Baca Juga: Pernah Jadi Bidikan BTN, Bank Victoria Syariah Isyaratkan Tak Ada Rencana Dijual

Kemudian, dari sisi sosial, BTN meningkatkan porsi talenta wanita dan pegawai disabilitas. Lalu, dari sisi governance sustainability, BTN telah membentuk ESG Commitee, Enterprise & ESG Risk Management Division, serta menerapkan kebijakan Cybersecurity, Data Privacy & anti-fraud, anti-corruption dan Whistle Blowing System (WBS). 

Atas komitmennya menerapkan ESG, BTN meraih  penghargaan Transparansi Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024 dalam kelas Green Elite serta Platinum Plus dari Bumi Global Karbon (BGK) Foundation. 

"Ke depannya, BTN akan terus mengharmonisasikan prinsip ESG dengan kebijakan internal perusahaan” pungkas Ramon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×