kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Ini mekanisme pengajuan klaim jaminan hari tua secara kolektif di BP Jamsostek


Kamis, 21 Mei 2020 / 14:47 WIB
Ini mekanisme pengajuan klaim jaminan hari tua secara kolektif di BP Jamsostek
ILUSTRASI. Peserta mengurus pembayaran klaim di kantor BPJS Ketenagakerjaan, Tangerang, Selasa (29/5). BPJS Ketenagakerjaan mencatatkan klaim jaminan pada April 2019 sebesar Rp 9,4 triliun, naik 17% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018. Pembayaran k

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek memperkirakan jumlah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan meningkat akibat penyebaran corona (Covid-19) yang buat bisnis perusahaan lesu.

Direktur Pelayanan BPJamsostek Krishna Syarif mengatakan, peningkatan jumlah PHK tersebut akan berimbas pada kenaikan jumlah klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJamsostek.

Baca Juga: BPJS Watch menilai Perpres 64/2020 memberatkan masyarakat

Mengantisipasi pengajuan klaim membludak, BPJamsostek akan tetap beroperasi normal dengan mengedepankan pelayanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik).

“Kami terus melakukan evaluasi untuk melahirkan inovasi agar Lapak Asik menjadi lebih baik lagi. Ini merupakan salah satu terobosan lain yang digagas untuk menghadapi lonjakan PHK dari klaim kolektif,” kata Krishna, di Jakarta, Rabu (20/5).

Pengajuan klaim ditunjukkan kepada perusahaan skala besar maupun menengah yang melakukan PHK minimal 30% dari total jumlah pekerja. Perusahaan juga harus menjamin validitas data tenaga kerja sehingga proses klaim jadi lebih cepat.

Baca Juga: Fatalitas kecelakaan justru semakin tinggi saat jalan kosong

Adapun tahapan pengajuan klaim JHT adalah secara kolektif adalah sebagai berikut:

1. Perusahaan mengeluarkan surat kuasa resmi untuk penunjukan perwakilan yang akan berkoordinasi dengan petugas BPJamsostek.

2. Perwakilan perusahaan membuat surat pernyataan bahwa tidak akan menyalahgunakan wewenang dalam pengajuan klaim JHT secara kolektif, dan diketahui oleh perusahaan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×