kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS917.000 -0,76%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Ini produk asuransi yang laris menjelang lebaran tahun ini


Minggu, 11 April 2021 / 19:37 WIB
Ini produk asuransi yang laris menjelang lebaran tahun ini
ILUSTRASI. Ini produk asuransi yang laris menjelang lebaran tahun ini

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Semenjak adanya pandemi kinerja premi, investasi, dan premi industri jasa asuransi pada sektor asuransi umum mengalami kontraksi. Terlebih pada tahun ini pemerintah resmi kembali melarang masyarakat untuk melakukan mudik pada 6-17 Mei 2021 dalam rangka pembatasan sosial, hal tersebut berdampak pada kinerja produk asuransi perjalanan.

Kendati demikian, pada Lebaran tahun ini diharapkan bisa ikut mendorong kinerja asuransi umum. Karena, ada beberapa jenis produk asuransi yang laris manis menjelang Lebaran.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody AS Dalimunthe mengatakan, kondisi saat ini semua aktifitas masih terbatasi oleh pandemi Covid-19. Sehingga volume kesibukan menjelang dan setelah lebaran tidak setinggi saat sebelum pandemi.

"Data perolehan premi tahun 2020 untuk Asuransi kendaraan bermotor, asuransi kecelakaan diri dan asuransi aneka yang terkait dengan aktifitas selama pandemi covid menunjukkan penurunan dibandingkan tahun 2019," kata Dody kepada kontan.co.id, Minggu (11/4).

Baca Juga: BPJS Kesehatan lakukan perbaikan tiga hal ini untuk perkuat pembiayaan

Namun menurut Dody, dengan kebijakan dan stimulus yang diberikan pemerintah, serta upaya pemerintah mengatasi pandemi, maka kondisi tahun 2021 diperkirakan akàn lebih baik dari 2020 kemarin.

"Kondisi lebaran tahun ini, aktifitas ekonomi diperkirakan lebih baik dibandingkan 2020. Sehingga kebutuhan Asuransi juga akàn mengikuti aktifitas ekonomi tersebut," ujar Dody.

Dody menjelaskan, asuransi kesehatan menunjukkan tren meningkat selama pandemi, dan banyak variasi produk askes yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Di Masa pandemi ini produk-produk asuransi individu juga punya peluang untuk lebih diminati, sepanjang figure produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat 

Menurutnya, sejak awal pandemi, perusahaan asuransi mulai banyak menerapkan teknologi dalam Proses bisnis. Dan hal tersebut dapat berdampak kepada efektififas proses bisnis serta efisiensi biaya, sehingga dapat berkontribusi kepada laba Perusahaan.

Selain itu beberapa strategi dalam mencapai target yang dijalankan asuransi umum yaitu, penerapan teknologi digital juga akàn memberikan akses luas kepada pemasaran Asuransi.

Baca Juga: Dinilai tangguh di tengah pandemi, Askrindo Syariah raih penghargaan BUMN 2021

"Variasi produk asuransi jugà dapat lebih baik dan yg tidak kalah penting jugà adalah review portfolio bisnis untuk memastikan portfolio dan proses bisnis lebih baik, serta mengurangi kondisi yg tidak sehat. Perlu juga melakukan review pencadangan teknis untuk memastikan liability ke depan," ungkap Dody.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×