Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal
KONTAN.CO.ID - AgenBRILink menjadi ujung tombak Bank Rakyat Indonesia atau BRI (BBRI) dalam meningkatkan inklusi keuangan serta ekonomi kerakyatan. Kehadirannya di berbagai pelosok Tanah Air membantu pertumbuhan literasi keuangan masyarakat dan mempermudah akses layanan perbankan.
Hingga akhir Maret 2025, jumlah AgenBRILink telah mencapai 1,2 juta agen. Adapun sepanjang Triwulan I/2025 AgenBRILink berhasil membukukan volume transaksi sebesar Rp423 triliun.
Jumlah AgenBRILink juga tumbuh signifikan sebesar 49,48% YoY, dari 796.836 agen pada Maret 2024 menjadi 1,2 juta agen pada akhir Maret 2025. Dengan pertumbuhan tersebut, jaringan AgenBRILink kini telah melayani lebih dari 67 ribu desa dan menjangkau lebih dari 88% wilayah Indonesia.
Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengungkapkan bahwa salah satu bentuk nyata BRI dalam mendorong inklusivitas adalah dengan memperluas jaringan layanan perbankan hingga ke warung-warung melalui AgenBRILink. Hal ini memungkinkan BRI melayani transaksi keuangan masyarakat secara lebih dekat, efisien, dan merata.
Dia juga menambahkan bahwa inisiatif ini turut mendukung Asta Cita keenam, yaitu membangun dari desa dan dari bawah untuk mendorong pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan. Program ini juga selaras dengan Asta Cita ketiga, khususnya dalam menciptakan lapangan kerja berkualitas dan mendorong kewirausahaan.
“Keberadaan AgenBRILink tidak hanya memperluas jangkauan layanan BRI, tetapi juga menciptakan peluang usaha bagi masyarakat. Selain memperoleh tambahan pendapatan, para agen juga menjadi agen perubahan yang memperkenalkan layanan keuangan kepada komunitas di sekitarnya,” jelas Hendy.
Strategi hybrid bank BRI, yakni perpaduan layanan fisik dan digital, untuk melayani beragam segmen nasabah BRI turut mendukung pencapaian impresif AgenBRILink.
“Dengan beragam kemudahan tersebut, AgenBRILink menjadi solusi keuangan yang semakin relevan bagi Masyarakat Indonesia,” ujar Hendy.
Tidak sekadar memperluas jangkauan, AgenBRILink juga menawarkan berbagai layanan yang dirancang untuk mempermudah kebutuhan harian masyarakat. Mulai dari pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, telepon, pembelian pulsa, hingga pembayaran cicilan.
Selain itu, tersedia pula layanan referral untuk pembukaan rekening tabungan dan pinjaman. Layanan lainnya termasuk asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, serta pembelian tiket perjalanan seperti bus, shuttle, dan kapal feri.
Selanjutnya: Istana Angkat Suara Soal Wacana Menjadikan Solo Daerah Istimewa
Menarik Dibaca: 64% UMKM Dikelola Perempuan, BCA Dorong Pengembangan Lewat Berbagai Inisiatif
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News