kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi Appointed Cross Currency Dealer, BNI Bidik Transaksi Perbankan Indonesia- Jepang


Rabu, 07 Desember 2022 / 14:19 WIB
Jadi Appointed Cross Currency Dealer, BNI Bidik Transaksi Perbankan Indonesia- Jepang
ILUSTRASI. Menara BNI Pejompongan, Jakarta Pusat.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berupaya meningkatkan ekspansi kinerja bisnis luar negeri. Melalui peran kantor BNI di Tokyo, Jepang, BNI  berhasil menjadi Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) di Jepang dan berupaya terus meningkatkan transaksi perbankan antara Indonesia - Jepang.

Direktur Corporate & International Banking BNI Silvano Rumantir menyampaikan, sebagai ACCD Bank, BNI Tokyo dapat melayani transaksi pengiriman uang atau transfer dengan menggunakan local currency dari mata uang Japan Yen (JPY) ke mata uang Indonesia Rupiah (IDR) secara langsung tanpa proses konversi mata uang ke dolar AS terlebih dahulu.

BNI Tokyo telah ditunjuk sebagai ACCD Bank oleh Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan Jepang (JMOF) bersama dengan 4 (empat) bank Jepang lainnya. Ke depannya, BNI berharap langkah ini dapat untuk mengurangi ketergantungan terhadap dollar AS.

“Tentunya, kami berharap dukungan tersebut diharapkan dapat menjadi katalis bagi kemudahan penyelesaian transaksi perdagangan kedua negara dengan menggunakan mata uang lokal,” ungkapnya.

Baca Juga: Sejumlah Bank Punya Pekerjaan Rumah untuk Turunkan Rasio Kredit Macet

Silvano menambahkan bahwa Local Currency Settlement (LCS) sangat berguna untuk memitigasi risiko fluktuasi nilai tukar yang mungkin dialami oleh perusahaan Jepang saat berbisnis di Indonesia.

Sehubungan dengan kondisi tersebut, BNI melalui BNI Tokyo terus memberikan dukungan penuh kepada UKM Jepang untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Terlebih BNI merupakan salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia yang memiliki ribuan cabang di dalam negeri dan enam cabang di luar negeri.

Silvano mengatakan BNI juga telah menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan untuk melayani nasabah individu maupun institusi seperti simpanan, cash management, pinjaman, dan lain-lain. Produk dan layanan BNI dipercaya dapat mendukung klien Jepang dengan menyediakan layanan keuangan yang bermanfaat, informatif, dan andal terkait Indonesia. 

“Dengan menggunakan layanan perbankan dari BNI secara keseluruhan, tidak terbatas hanya pada BNI Tokyo, investor Jepang dapat merasakan berbagai keuntungan dalam transaksi keuangannya di Indonesia. Kami sangat berharap nasabah dapat memanfaatkan layanan lengkap kami,” tuturnya.

BNI berharap langkah ini semakin memperkuat kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Jepang melalui kemudahan layanan perbankan bagi nasabah baik di Indonesia maupun di Jepang.

Baca Juga: Bank Mandiri Catat Pertumbuhan Nasabah Pebisnis Hingga 29% hingga September

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Tokyo bekerjasama dengan BNI Tokyo mengadakan acara Business Forum on The Utilization of The Japan - Indonesia Local Currency Settlement Framework (LCSF) 2022 yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang pada hari Jumat (2/12/2022).

BNI berperan memfasilitasi acara tersebut dengan mengundang 28 pejabat Japan Regional Bank (JRB) dari seluruh prefektur di Jepang untuk hadir secara langsung ataupun secara virtual. Hal ini sebagai upaya untuk menjembatani kebutuhan bisnis antara Indonesia dan Jepang.

Hadir pula pada kesempatan ini Wakil Menteri Kementerian Keuangan Suahasil Nazara, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tokyo Hilman Tisnawan dan perwakilan pejabat dari Japan Regional Bank (JRB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×