kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,93   -18,79   -2.03%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Juni, bankir ramal transaksi kliring & RTGS naik


Senin, 05 Juni 2017 / 19:07 WIB
Juni, bankir ramal transaksi kliring & RTGS naik


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Bank OCBC NISP Tbk memproyeksi transaksi sistem kliring nasional (SKN) dan real-time gross settlement (RTGS) pada bulan Juni ini. Potensi peningkatan transaksi sama seperti yang terjadi pada momen Ramadan dan Lebaran tahun lalu.

"Tahun lalu, SKN di kami naik berkisar 20% sampai 25% selama Ramadan, dari rata-rata bulan lain dalam setahun," ujar Presiden Direktur PT Bank OCBC NISP Tbk, Parwati Surjaudaja, Senin (5/6).

Sementara, untuk transaksi RTGS OCBC NISP pada Ramadan tahun 2016 meningkat 13% hingga 14% dibandingkan rata-rata bulan lain.

Menurut Parwati, tren peningkatan transaksi tersebut menyusul pembayaran atau transaksi yang meningkat sehubungan dengan persiapan Lebaran. Guna mengantisipasi lonjakan tersebut, bank yang terafiliasi dengan OCBC grup ini telah mengatur cuti dan jam kerja karyawan serta mempersiapkan dan menjaga sistem serta jaringan perseroan.

"Kami juga telah melakukan test lokasi alternatif menjelang Ramadan, agar siap apabila terjadi sesuatu dengan lokasi utama," imbuhnya.

Sementara, Direktur Utama PT Bank Mayapada Tbk, Haryono Tjahjarijadi menyebut, kenaikan transaksi SKNBI yang meningkat tinggi jelang Lebaran menandakan transaksi perdagangan ritel khususnya retail UMKM meningkat dibanding transaksi perdagangan besar.

"Umumnya itu adalah transaksi perdagangan barang dan jasa yang berkaitan dengan bulan puasa dan Lebaran," ujarnya.

Direktur Keuangan PT Bank Tabungan Negara (BTN) Iman Nugroho Soeko menyebut, menjelang Lebaran, tren transaksi SKN dan RTGS akan meningkat dua kali lipat dibanding bulan biasanya.

Menurut Iman, BTN menyambut baik tren tersebut, pasalnya perbankan dapat meraup pendapatan berbasis komisi atau fee based income lebih tinggi untuk kedua transaksi tersebut dari pembebanan biaya transaksi RTGS maupun kliring. "Jelang Lebaran orang lebih sering kirim uang lewat bank, semisal infak, sedekah, dan bisa juga pembayaran zakat, semasa Ramadan transaksi ini tetap berjalan normal," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×