kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   -12.000   -0,82%
  • USD/IDR 15.190   15,00   0,10%
  • IDX 7.778   2,76   0,04%
  • KOMPAS100 1.211   -0,08   -0,01%
  • LQ45 985   0,16   0,02%
  • ISSI 229   -0,19   -0,08%
  • IDX30 505   0,76   0,15%
  • IDXHIDIV20 610   0,72   0,12%
  • IDX80 138   0,14   0,10%
  • IDXV30 143   1,44   1,02%
  • IDXQ30 169   0,14   0,08%

Kala DPK Tumbuh Melambat, Perbankan Bisa Andalkan Pendanaan Non DPK


Selasa, 24 September 2024 / 19:31 WIB
Kala DPK Tumbuh Melambat, Perbankan Bisa Andalkan Pendanaan Non DPK
ILUSTRASI. Perlambatan laju pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) tengah membayangi industri perbankan.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perlambatan laju pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) tengah membayangi industri perbankan. Alhasil, pendanaan non DPK seperti surat utang menjadi salah satu solusi yang menjadi andalan.

Terlebih, saat ini suku bunga acuan mulai turun. Jika penurunan terus berlanjut, hal tersebut akan menjadi sentimen bagi bank menerbitkan surat utang dengan imbal hasil yang lebih ringan.

Head of Financial Institutions Ratings Division Pefindo Danan Dito mengungkapkan penurunan suku bunga memberikan kesempatan bagi perbankan untuk mengganti surat utang yang mahal dengan yang lebih murah. 

Baca Juga: Bank Danamon: Penurunan Bunga Acuan akan Mengerek Permintaan Pembiayaan KPR

Hanya saja, ia melihat pemangkasan suku bunga acuan oleh BI pada pekan lalu dari 6,25% menjadi 6,00% juga baru menempatkan posisi suku bunga acuan seperti pada kuartal pertama tahun ini, yang mana levelnya masih tergolong tinggi. 

“Saya melihat kalaupun ada perbankan yang menerbitkan surat utang hingga akhir tahun, itu lebih banyak didorong oleh kebutuhan refinancing,” ujar Dito, Selasa (24/9).

Namun demikian, Dito mengharapkan penerbitan surat utang korporasi dari sektor perbankan hingga akhir tahun 2024 akan lebih semarak. 

Mengingat, memasuki awal siklus pemangkasan suku bunga, yang mana itu menjadi katalis bagi penurunan biaya pendanaan, perbaikan leverage keuangan, dan stimulus pertumbuhan kredit.

Berdasarkan realisasinya per Agustus 2024, penerbitan surat utang oleh industri perbankan mencapai Rp 8,59 triliun. Nominal tersebut melebihi periode yang sama tahun 2023 yang sebesar Rp 6,39 triliun. 

Jika dijumlahkan dengan total mandat yang diterima Pefindo per Agustus 2024 sebesar Rp 3 triliun, maka totalnya adalah sebesar Rp11,59 triliun. Sehingga, secara total, ia melihat total penerbitan hingga akhir tahun 2024 kurang lebih akan relatif sama dengan tahun lalu.

“Ada 2 bank yang merencanakan untuk menerbitkan surat utang sebesar Rp 3 triliun,” ujarnya.

Direktur Distribution & Institutional Funding BTN Jasmin mengungkapkan bahwa jika suku bunga rendah memang paling cocok adalah dengan menerbitkan obligasi. Alasannya, pendanaan dari obligasi bisa untuk jangka panjang dengan size yang bisa besar.

Baca Juga: Suku Bunga Acuan Turun, Bank Digital Berpeluang Pangkas Bunga Simpanan dan Kredit

Hanya saja, ia bilang BTN akan memantau perkembangan di pasar modal atas penerbitan surat berharga yang ada. Terlebih, melihat instrumen surat berharga seperti Surat Utang Negara (SUN) maupun RSBI.

Ia mencontohkan SUN saat ini dengan tenor 1 tahun memiliki imbal hasil 6.14% dibandingkan dengan obligasi korporasi rating AAA yanh ada di range 6.5% dg tenor 1 tahun.

Ditambah lagi, ada penerbitan SRBI yg masih di level 7,11% per 13 September 2024.

Ia melihat hal tersebut akan membuat kemungkinan untuk korporasi tidak memungkinkan di terbitkan di level 6,5% Kurang lebih akan di level 7,6% - 7,8% di atas SRBI.

“Ringkasnya BTN akan melihat perkembangan lebih lanjut dampak penurunan BI rate,” ujarnya.

Baca Juga: BTN Pertimbangkan Penurunan Bunga KPR Pasca BI-Rate Turun

Di sisi lain, untuk pinjaman antar bank, Jasmin bilang porsinya sangat kecil. Mengingat, pinjaman antar bank hanya untuk jangka pendek.

Sementara itu, Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi bilang pendanaan non DPK saat ini banyak dipergunakan perbankan selain untuk pemenuhan kebutuhan likuiditas juga untuk pemenuhan rasio net stable fund yang dipersyaratkan.

Untuk Bank BJB, Yuddy mengungkapkan tahun ini telah menerbitkan obligasi subordinasi yang telah dieksekusi sebesar Rp 1,43 triliun.  

Bank BJB masih akan menerbitkan sustainable bond di akhir semester kedua tahun ini senilai Rp 1 triliun.

Di luar obligasi, Yuddy menyebutkan fasilitas dari bank lain juga menjadi salah satu sumber likuiditas, meski porsinya kecil.

“Tahun depan kami masih akan menerbitkan obligasi, mudah-mudahan market juga lebih friendly dengan suku bunga yg lebih murah, dan confident dalam berinvestasi didukung kondisi perekonomian yang terus membaik,” tandasnya.

Selanjutnya: Kemenkeu Optimitis Target Penerimaan Tercapai Meski Cukai Rokok Batal Naik

Menarik Dibaca: Tips Menuju Mental yang Sejahtera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×