kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kinerja BCA Syariah dan BRI Syariah tumbuh solid di semester I


Minggu, 26 Juli 2020 / 19:20 WIB
Kinerja BCA Syariah dan BRI Syariah tumbuh solid di semester I
ILUSTRASI. Petugas Teller melayani calon jemaah haji di BCA Syariah Jakarta, Senin (4/3). Dengan asumsi setoran Biaya Penyelenggraan Haji (BPIH) sebesar Rp 25 juta setidaknya BCA Syariah telah mengumpulkan dana Rp 11,25 miliar. Sementara secara total 3000 nasabah ca

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank syariah mencatatkan kinerja cukup bagus sepanjang meskipun industri perbankan secara keseluruhan menghadapi tekanan pandemi Covid-19. Terganggu aktivitas ekonomi akibat pandemi itu bikin bank harus fokus melakukan restrukturisasi kredit.

Bank syariah masih mencatatkan pertumbuhan laba bersih sepanjang semester I 2020 cukup bagus karena pembiayaan yang ditorehkan juga masih meningkat.

Baca Juga: Menakar prospek emiten perbankan pada semester II 2020

PT BCA Syariah misalnya membukukan laba bersih tumbuh sekitar 8,7% secara year on year (YoY). John Kosasih, Presiden Direktur BCA Syariah mengatakan, pertumbuhan profit tersebut sejalan dengan pembiayaan.

Pembiayaan BCA Syariah tumbuh sebesar 16% per Juni 2020 dan penghimpunan Pihak Ketiga (DPK) naik 7,6%. Pembiayaan tersebut tumbuh ditopang oleh sektor perdagangan, infrastruktur, industri pengolahan, dan perkebunan.

John bilang, pertumbuhan signifikan pembiayaan bukan karena ditopang penerapan Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS). "Kalau Qanun Aceh saat ini masih awal dan belum terasa dampaknya. Itu baru akan mulai kuartal IV meskipun belum akan optimal," katanya pada Kontan.co.id, Minggu (26/7).

Selain mencatatkan pertumbuhan pembiayaan, BCA Syariah juga berhasil menjaga kualitas asetnya. Non performing finance (NPF) bank ini tetap terjaga di mana secara gross ada di level 0,69% dan secara net 0,21%.

Baca Juga: Gara-gara pandemi, MTF revisi penyaluran pembiayaan lewat kanal e-commerce

PT BRI Syariah Tbk (BRIS) juga menorehkan kinerja gemilang di paruh pertama. Laba bersih perseroan diperkirakan tumbuh 226% menjadi Rp 116 miliar dari Rp 35 miliar pada periode yang sama tahun 2019.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×