kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kontribusi anak usaha bagi bisnis Pegadaian masih mini


Rabu, 10 Juli 2019 / 21:29 WIB
Kontribusi anak usaha bagi bisnis Pegadaian masih mini

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain mengembangkan bisnis gadai ternyata PT Pegadaian (persero) juga punya usaha di luar lini bisnis utamanya. Namun sayangnya bisnis yang ditopang anak usaha Pegadaian tersebut masih berkontribusi mini.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini mempunyai beberapa anak usaha, seperti PT Balai Lelang Artha Gasia (BLAG), PT Pesonna Optima Jasa, PT Pegadaian Galeri Dua Empat, dan PT Pesonna Indonesia Jaya.

Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Pegadaian Ninis Kesuma Adriani mengatakan, sampai Maret 2019, laba bersih yang dihasilkan anak usaha Pegadaian masih di bawah 3% dari total laba perusahaan.

Baca Juga: Selain gadai, bisnis lain Pegadaian juga tumbuh signifikan

“Anak perusahaan untuk mendukung bisnis Pegadaian seperti penyediaan tenaga satpam, persewaan kendaraan dan inventaris kantor. Sehingga profit bukan menjadi target utama perusahaan saat ini,” kata Ninis kepada Kontan.co.id, Rabu (10/7).

Meski berkontribusi mini, perseroan masih berniat memperbesar bisnisnya agar tidak hanya melayani Pegadaian tetapi juga perusahaan-perusahaan lainnya.

Asal tahu saja, Balai Lelang Artha Gasia merupakan penyedia jasa pelelangan harta tetap dan bergerak milik perseroan, instansi pemerintah maupun swasta yang tujuannya untuk memperoleh harga jual yang optimal.

Baca Juga: Per Mei 2019, Pegadaian catatkan laba sebesar Rp 1,275 triliun

Sedangkan Pesonna Optima Jasa bergerak di bidang pelayanan jasa umum yang meliputi penyediaan jasa tenaga outsourcing seperti keamanan, kebersihan, pengemudi, pemeliharaan kantor atau taman. Selain itu juga melayani penyewaan kendaraan kendaraan, alat-alat kantor, jasa ekspedisi dan jasa umum lain yang mendukung operasional perusahaan.

Sementara Pegadaian Galeri Dua Empat bergerak di bidang perdagangan emas batangan, perhiasan dan batu mulia. Terakhir adalah Pesonna Indonesia Jaya yang bergerak di bidang pengelolaan hotel dan bisnis properti lainnya.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×