kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kredit investasi sulit kerek pertumbuhan kredit perbankan di awal tahun


Selasa, 07 Januari 2020 / 19:45 WIB
Kredit investasi sulit kerek pertumbuhan kredit perbankan di awal tahun
ILUSTRASI. Pekerja membersihkan menara BCA di Jakarta, Selasa (12/3/2019). Kredit investasi sulit kerek pertumbuhan kredit awal tahun. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masih lemahnya permintaan kredit diprediksi bakal berlanjut di tahun ini seiring kondisi ekonomi yang belum stabil. Kredit investasi yang biasanya jadi pengungkit di awal tahun pun dinilai para bankir belum akan tumbuh signifikan.

“Untuk kuartal I-2020 pertumbuhannya kami perkirakan masih akan moderat mengingat perusahaan masih belum agresif mencari dana, ditambah pencairan APBN yang belum besar,” kata Wakil Direktur PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Herry SIdharta kepada Kontan.co.id, Senin (6/1).

Baca Juga: Lebih dari separuh kartu debit dari tiga bank ini sudah pakai chip

Padahal Herry mengaku, sepanjang 2019 lalu kredit investasi perseroan tercatat tumbuh paling mumpuni hingga 17% (yoy), dibandingkan segmen kredit lainnya seperti kredit modal kerja yang cuma tumbuh hingga 4% (yoy). Meskipun secara komposisi, kredit modal kerja disebut Herry punya nilai yang lebih besar.

Adapun hingga November 2019, bank berlogo angka 46 ini telah menyalurkan kredit senilai Rp 523,92 triliun dengan pertumbuhan 11,70% (yoy). Sementara tahun ini, perseroan membidik pertumbuhan kredit di kisaran 11%-13%.

“Untuk kuartal I-2020, sejumlah sektor yang kami targetkan bisa menopang pertumbuhan kredit akan berasal dari industri pengolahan, konstruksi, infrastruktur, serta pertanian dan pariwisata untuk segmen UMKM,” sambungnya.

Hal senada juga disampaikan Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Hera F Haryn. Awal tahun ini, pertumbuhan redit investasi perseroan juga diprediksi moderat.

Baca Juga: Mandiri Group siap konversi kantor cabang konvensional di Aceh

“BCA akan menyalurkan kredit investasi sesuai dengan peluang yang ada serta tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian,” katanya kepada Kontan.co.id, Selasa (7/1).




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×