CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.470.000   4.000   0,27%
  • USD/IDR 15.879   -20,00   -0,13%
  • IDX 7.140   -74,83   -1,04%
  • KOMPAS100 1.092   -10,71   -0,97%
  • LQ45 871   -4,83   -0,55%
  • ISSI 215   -3,21   -1,47%
  • IDX30 447   -1,43   -0,32%
  • IDXHIDIV20 540   0,19   0,03%
  • IDX80 125   -1,23   -0,97%
  • IDXV30 135   -0,31   -0,23%
  • IDXQ30 149   -0,31   -0,21%

Kredit Segmen Mikro BRI Naik 14,3% pada Februari 2022


Minggu, 10 April 2022 / 11:54 WIB
Kredit Segmen Mikro BRI Naik 14,3% pada Februari 2022
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di agen BRILink Tangerang Selatan, Senin (4/10).


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus memacu penyaluran kredit kepada para pelaku UMKM. Sekretaris Perusahaan Bank Rakyat Indonesia Aestika Oryza Gunarto menyatakan penyaluran kredit UMKM BRI hingga akhir Februari 2022 tercatat tumbuh positif secara tahunan. Penopang utamanya pada segmen mikro yang tumbuh 14,3% yoy dan segmen kecil tumbuh 8,8% yoy.

Aestika menyatakan fokus penyaluran kredit BRI ke depan adalah di segmen UMKM khususnya di sektor pertanian, industri pengolahan, perdagangan, aktivitas jasa keuangan, real estate, aktivitas kesehatan, dan kesenian hiburan.

“Hingga akhir kuartal keempat 2021 tercatat portofolio kredit UMKM sebesar 83,86% dibandingkan dengan total penyaluran kredit BRI. Proporsi kredit UMKM BRI akan terus didorong naik hingga mencapai 85%,” papar Aestika kepada Kontan.co.id pada Jumat (8/4). 

Baca Juga: Bank Kian Getol Salurkan Kredit UMKM, Per Februari Sudah Tembus Rp 1.156 Triliun

Dia menyebut, strategi BRI untuk memberdayakan dan mengembangkan segmen UMKM ada dua. Pertama adalah dengan menaikkelaskan nasabah existing dengan melakukan berbagai program edukasi dan pendampingan. 

Kedua adalah dengan menyasar segmen yang lebih kecil, yakni ultra mikro sebagai pertumbuhan baru. Dengan go smaller, go shorter, go faster, BRI akan mampu menyasar segmen yang lebih kecil, dengan proses yang lebih cepat dan efisien dengan adanya digitalisasi. 

“Dengan strategi tersebut BRI dapat melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan biaya yang semurah mungkin. Hal tersebut dapat dicapai dengan digitalisasi layanan perbankan sehingga semua prosesnya akan menjadi lebih cepat dan efisien,” tambahnya. 

Baca Juga: Di Kawasan Asia, Nilai Kapitalisasi Pasar Saham Perbankan Indonesia Mulai Unjuk Gigi

Disamping itu, BRI menilai saat ini yang lebih dibutuhkan oleh UMKM sebetulnya bukan advokasi tapi adalah edukasi. Adapun edukasi yang harus diberikan berupa semangat kewirausahaan karena tidak semua UMKM memiliki semangat tersebut. Juga pembekalan ilmu administrasi manajerial untuk mengatur keuangan, mengakses informasi, mengakses pasar, dan mengakses permodalan. 

Asal tahu saja, perbankan semakin agresif menyalurkan kredit bagi pelaku usaha UMKM. Bank Indonesia (BI) mencatatkan kredit UMKM tumbuh 14,4% year on year (yoy) menjadi Rp 1.156,0 triliun hingga Februari 2022.  

Kinerja ini ditopang oleh penggunaan kredit modal kerja UMKM yang naik 17,0% menjadi Rp 871,0 triliun. Sedangkan kredit investasi UMKM meningkat 7,3% yoy menjadi Rp 285,0 triliun. 

Baca Juga: Sebagian dari Kredit Restrukturisasi Turun Kelas

Berdasarkan skala usahanya, kredit mikro tumbuh 82,9% yoy menjadi Rp 384,0 triliun. Kredit skala usaha kecil naik 27,2% yoy menjadi Rp 436,5 triliun. Sedangkan kredit ke skala menengah turun 26,6% menjadi Rp 335,4 triliun pada dua bulan pertama 2022.

Kini, kredit UMKM mampu menyumbang 20,13% dari total penyaluran kredit perbankan di Februari 2022 sebesar Rp 5.741,4 triliun. Hal ini telah memenuhi Peraturan Bank Indonesia tentang rasio pembiayaan inklusif makroprudensial yang mensyaratkan penyaluran kredit 20% dari total kredit di akhir 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×