kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45947,58   -15,56   -1.62%
  • EMAS952.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.46%
  • RD.CAMPURAN -0.55%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Kuartal III-2020, laba Maybank terkontraksi 2,5%


Minggu, 29 November 2020 / 19:34 WIB
Kuartal III-2020, laba Maybank terkontraksi 2,5%
ILUSTRASI. Petugas teller melayani transaksi nasabah Maybank Indonseia./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/01/03/2019.


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Laba Malayan Banking Berhad alias Maybank pada kuartal III-2020 tercatat terkontraksi 2,5% (yoy) menjadi RM 1,95 miliar. Pandemi jadi alasan tertekannya bank keempat terbesar di Asia Tenggara ini. 

Adapun secara grup, pendapatan operasional bersih juga tercatat negatif 6,5% menjadi RM 6,08 miliar. ini disebabkan penurunan sebesar 8,7% terhadap total pendapatan berbasis dana secara tahunan menjadi RM4,13 miliar, sebagai akibat pemotongan pada Overnight Policy Rate yang menekan marjin bunga bersih sebesar 27 basis poin secara tahunan. 

Selain itu, Grup juga mencatat penurunan 1,3% pada total pendapatan berbasis non bunga bersih menjadi RM1,95 mliar, terutama dari biaya inti yang lebih rendah menyusul aktivitas bisnis yang melambat karena pandemi, serta keuntungan investasi yang lebih rendah.

Meski demikian catatan tersebut diimbang meskipun ini diimbangi dengan pengurangan biaya overhead yang dapat berkurang 8,7% menjadi RpRM 2,70 miliar dan penurunan biaya impairment dari RM 805,9 juta menjadi RM 934,9 juta.

Meski kinerjanya tertekan, Grup berencana masih akan mengucukrna dividen kepada para pemegang saham sebesar 13,5 sen per saham. Adapun dividen akan dibayarkan berdasarkan Rencana Reinvestasi dividen, dimana Maybank dapat memilih menginvestasikan kembali menjadi saham anyar atau dibayar tunai. 

Baca Juga: Maybank siap ganti uang Winda Lunardi secara penuh

Chairman Maybank, Tan Sri Dato’ Sri Zamzamzairani Mohd Isa mengatakan dengan peningkatan kinerja kuartal ketiga, Maybank telah memutuskan untuk melanjutkan pembayaran dividen interim kepada para pemegang saham, meskipun dengan nilai yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya sehubungan dampak pandemi Covid-19.

“Meskipun posisi permodalan Maybank tetap kuat, tetapi kami akan tetap mengambil sikap berhati-hati dengan Rencana Reinvestasi Dividen di mana seluruh porsinya dapat dipilih. Prioritas kami adalah untuk selalu berupaya menyeimbangkan kepentingan pemegang saham dengan kebutuhan untuk menjaga buffer yang cukup jika terjadi ketidakpastian yang berkepanjangan, serta untuk mendanai rencana pertumbuhan kami di masa depan,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Minggu (29/11).

Sementara, Group President & CEO, Datuk Abdul Farid Alias mengatakan Maybank telah berupaya untuk memitigasi dampak dari modification loss, penurunan suku bunga dan provisi yang lebih tinggi melalui berbagai inisiatif seperti memastikan pertumbuhan di segmen Community Financial Services, merealisasikan nilai dari beberapa investasi, mengurangi biaya pendanaan dan mengelola overhead secara ketat sambil memastikan Group untuk terus berinvestasi di bidang yang dibutuhkan.

“Fokus kami ke depan adalah memanfaatkan kapabilitas manajemen risiko, operasional yang terdiversifikasi, dan kekuatan digital untuk mendorong bisnis kami di tahun mendatang. Pada saat yang sama, kami tetap berkomitmen untuk mendukung para pemangku kepentingan selama masa ini supaya mereka dapat tetap berjalan selalu,” sambungnya. 

Selanjutnya: Maybank akan ganti uang nasabah Winda Earl yang hilang, tapi hanya segini

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian

[X]
×