kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.491.000   3.000   0,20%
  • USD/IDR 15.520   70,00   0,45%
  • IDX 7.649   21,99   0,29%
  • KOMPAS100 1.191   3,68   0,31%
  • LQ45 949   0,60   0,06%
  • ISSI 231   1,38   0,60%
  • IDX30 486   0,61   0,12%
  • IDXHIDIV20 584   0,36   0,06%
  • IDX80 136   0,39   0,29%
  • IDXV30 142   0,69   0,49%
  • IDXQ30 162   0,37   0,23%

Langkah-Langkah Mudah Mengajukan Pinjaman di Bank


Rabu, 16 Oktober 2024 / 12:41 WIB
Langkah-Langkah Mudah Mengajukan Pinjaman di Bank
ILUSTRASI. Kontan - bankneocommerce Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Mengajukan pinjaman ke bank merupakan sebuah solusi finansial yang efektif bagi sebagian individu, baik itu untuk keperluan pribadi, pendidikan, atau bahkan untuk keperluan darurat. Namun, proses pengajuan pinjaman di bank kerap kali dianggap rumit dan berbelit-belit, terutama bagi mereka yang baru pertama kali mengajukan pinjaman bank.

Anggapan tersebut tentu tidak sepenuhnya benar. Dengan memahami prosedurnya, seharusnya pinjaman dapat diajukan dan diterima tanpa hambatan. Berikut adalah panduan cara pinjam uang di bank yang bisa membuat proses pengajuan lancar.

1. Pilih Jenis Pinjaman yang Sesuai

Langkah utama yang paling penting dalam proses pengajuan pinjaman adalah menentukan jenis pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan finansial saat ini. Pasalnya, bank menawarkan berbagai jenis pinjaman yang dirancang untuk tujuan yang berbeda-beda.

Berbagai jenis pinjaman yang ditawarkan bank berupa Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan pinjaman usaha. Dengan memilih jenis pinjaman yang tepat sedari awal, Anda bisa memastikan pinjaman tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

2. Periksa Persyaratan dan Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum mengajukan pinjaman di bank, sangat penting untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda  telah memenuhi persyaratan dokumen yang ditetapkan oleh bank. Setiap jenis pinjaman memiliki persyaratan yang berbeda-beda juga, tergantung pada jenis pinjaman yang dipilih.

Persyaratan umum yang biasanya diperlukan meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih aktif, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Kartu Keluarga (KK). Selain dokumen yang disebutkan, bank juga akan meminta bukti penghasilan seperti slip gaji, sebagai bukti bahwa Anda memiliki sumber pendapatan yang cukup untuk mengajukan pinjaman.

3. Ajukan Pinjaman Melalui Bank Terpercaya

Bukan hanya tata cara pinjam uang di bank yang perlu dipahami, namun Anda juga harus memperhatikan tempat Anda mengajukannya. Hanya ajukan pinjaman melalui bank terpercaya. Bank terpercaya biasanya telah memiliki reputasi yang baik dan juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, bank terpercaya memiliki prosedur pengajuan yang jelas dan dapat diandalkan. Anda bisa mengajukan pinjaman melalui aplikasi mobile banking atau bisa juga datang ke kantor cabang terdekat.

4. Hitung Kemampuan Pembayaran

Sebelum mengajukan pinjaman, penting untuk mengetahui kemampuan finansial Anda. Pastikan bahwa besaran cicilan yang dibayarkan tiap bulannya tidak lebih 30%-40% dari total pendapatan bulanan. Hal ini dilakukan untuk memastikan Anda masih memiliki cukup dana untuk kebutuhan sehari-hari dan mencegah risiko kesulitan pelunasan di masa mendatang.

Namun jika setelah perhitungan ternyata jumlah yang tersisa terlalu kecil untuk membayar cicilan pinjaman yang dibutuhkan, pertimbangkan untuk mengurangi jumlah pinjaman atau mengambil tenor yang lebih panjang agar cicilan bulanan menjadi ringan.

Neo Pinjam, Solusi Pinjaman Bank untuk Berbagai Kebutuhan

PT Bank Neo Commerce Tbk merupakan bank dengan layanan digital yang menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana termasuk dalam proses pengajuan pinjaman dan sudah memiliki lebih dari 27 juta pengguna.

PT Bank Neo Commerce Tbk berizin & diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Melalui berbagai kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan, neobank telah mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak.

Dengan layanan Neo Pinjam di aplikasi neobank dari Bank Neo Commerce, Anda bisa mengajukan pinjaman secara online dengan mudah dan cepat tanpa perlu datang ke kantor cabang. Layanan ini dirancang untuk memberikan kemudahan akses terhadap dana yang dibutuhkan, dengan proses yang sederhana dan transparan.

Tapi, di balik segala kemudahannya, pihak neobank tetap melakukan proses evaluasi kelayakan yang ketat sesuai dengan prosedur. Anda juga tetap harus mempertimbangkan kemampuan finansial sebelumnya karena pinjaman ini tidak lepas dari risiko. Unduh aplikasi neobank dan ajukan pinjaman dengan tenor sesuai kebutuhan dari 2 hingga 6 bulan.

Selanjutnya: Nama Kejutan Calon Menteri & Wamen Prabowo mulai Raffi Ahmad hingga Stella Christie

Menarik Dibaca: Nama Kejutan Calon Menteri & Wamen Prabowo mulai Raffi Ahmad hingga Stella Christie

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

[X]
×