kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lebarkan Sayap Bisnis, KSP IKR Jalin Kerjasama dengan ASR Group


Jumat, 07 Juli 2023 / 19:12 WIB
Lebarkan Sayap Bisnis, KSP IKR Jalin Kerjasama dengan ASR Group
ILUSTRASI. Koperasi Simpan Pinjam. (KONTAN/Cheppy A. Muchlis)


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Koperasi Simpan Pinjam Inklusi Keuangan Rakyat (KSP IKR) telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan CV ASR Trading (ASR Group) di Jakarta pada Jumat, 23 Juni 2023. Melalui kerja sama ini, KSP IKR akan menyediakan Fasilitas Layanan Simpan Pinjam Koperasi kepada karyawan ASR Group yang telah menjadi anggota KSP IKR.

CEO KSP IKR, Yosi Afianto menjelaskan bahwa perjanjian kerja sama ini merupakan bukti perkembangan koperasi dalam mewujudkan inklusi keuangan seiring dengan kemajuan teknologi. KSP IKR adalah koperasi primer nasional yang tidak hanya beroperasi di Jakarta, tetapi juga di seluruh Indonesia.

"Layanan KSP IKR kepada anggota dapat diakses dengan cepat, mudah, dan real-time melalui Aplikasi DotX yang terintegrasi dengan bank," ujar Yosi dalam keterangannya, Jumat (7/7). Hal ini membuat layanan KSP IKR mudah dijangkau oleh anggota secara nasional.

Baca Juga: Perkuat Keamanan Transaksi, DotX Perluas Kolaborasi Dengan Bank Danamon

KSP IKR menjalin kerjasama dengan berbagai institusi pemerintah dan swasta di seluruh Indonesia melalui skema kerjasama C to B (Cooperative to Business) atau C to G (Cooperative to Government). Selain itu, KSP IKR juga melakukan kerjasama dengan kopkar/kopeg sebagai mitra kerjasama melalui skema kerjasama C to C (Cooperative to Cooperative).

Ahmad Sirojudin, Direktur ASR Group, menyambut baik kesepakatan kerja sama ini. Ia berharap fasilitas layanan simpan pinjam dari KSP IKR akan membantu karyawan ASR Group yang menjadi anggota dalam mengatasi kebutuhan keuangan mendesak. 

Dengan adanya fasilitas ini, karyawan perusahaan yang berbasis di Cirebon memiliki alternatif yang aman dan terpercaya tanpa harus bergantung pada pinjaman online ilegal atau rentenir dengan bunga tinggi.

ASR Group melihat KSP IKR sebagai koperasi simpan pinjam yang telah dipercaya oleh banyak mitra, termasuk perusahaan BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta nasional.

Baca Juga: Hindari Pinjol dan Rentenir, Tunas Solusi Transindo Jalin Kerjasama dengan KSP IKR

ASR Group, atau lebih dikenal dengan sebutan ASR Group, adalah sebuah grup perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. ASR Group memiliki beberapa bidang usaha, antara lain divisi pakan ternak, pabrik rotan sintetik, ekspedisi, importir knalpot, pelumas kendaraan, dealer otomotif, dan properti. ASR Group berpusat di Cirebon.

Charlie, Ketua KSP IKR, menyambut positif kesepakatan kerja sama dengan ASR Group. Ia berharap kerja sama ini dapat memperluas layanan KSP IKR di Cirebon dan wilayah-wilayah lain di Indonesia.

"Kehadiran KSP IKR sebagai Koperasi Digital bukan hanya mendukung pemerintah dalam digitalisasi koperasi, tetapi juga sebagai gerakan ekonomi rakyat sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945," ujar Charlie.

Keberadaan KSP IKR diharapkan dapat memperkuat ketahanan ekonomi nasional melalui inklusi keuangan di sektor perkoperasian, khususnya pada segmen mikro dan ultra mikro. Dengan demikian, koperasi dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas dan memberikan manfaat yang optimal.

Charlie optimistis bahwa KSP IKR dapat menjadi wadah yang tepat bagi setiap pemangku kepentingan untuk bersatu dalam mewujudkan gerakan ekonomi rakyat yang didasari oleh semangat gotong royong dan kekeluargaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×