kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lewat Transformasi, Bank DKI Optimis Akan Terus Cetak Pertumbuhan Bisnis


Senin, 29 Januari 2024 / 21:45 WIB
Lewat Transformasi, Bank DKI Optimis Akan Terus Cetak Pertumbuhan Bisnis
ILUSTRASI. Mobil kas keliling Bank DKI melayani nasabah?pada salah satu kelurahan di Jakarta, Rabu (20/12/2023).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank DKI berkomitmen untuk bisa menorehkan pertumbuhan kinerja secara berkelanjutan melalui berbagai inovasi produk dan layanan. Bank daerah ini telah agresif melakukan transformasi digital dalam beberapa tahun terakhir. 

Inovasi-inovasi yang telah dihadirkan bank ini mampu membawanya meraih pertumbuhan kinerja, baik dari sisi fungsi intermediasi maupu dari segi perolehan laba bersih. 

Hingga November 2023, Bank DKI membukukan outstanding kredit sebesar Rp 49,8 triliun, tumbuh 5,8% secara tahunan (year on year/yoy).  Seiring dengan pertumbuhan kredit,  pendapatan bunga bank ini tumbuh 16,6% yoy menjadi Rp 4,9 triliun dalam sebelas bulan pertama tahun lalu. Adapun pendapatan bunga bersihnya mencapai Rp 2,64 triliun.

Sepanjang periode Januari hingga November 2023, Bank DKI telah membukukan laba bersih sebesar Rp 876,4 miliar. Capaian tersebut meningkat 3,1% secara tahunan. 

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi mengatakan, Bank DKI optimistis akan terus tumbuh dan berkembang menjadi bank yang berdaya saing di tingkat regional maupun nasional seiring implementasi strategi transformasi secara berkelanjutan. 

Baca Juga: Pembelian SBN Menggunakan Tabungan oleh Nasabah Tak Pengaruhi Likuiditas Perbankan

“Bank DKI akan terus menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi, memberikan layanan terbaik, dan menjalin kemitraan yang kokoh dengan semua pemangku kepentingan dalam rangka mendukung visi Jakarta Kota Global,” kata Arie dalam keterangan resminya, Senin (29/1).

Kinerja positif Bank DKI dinilai juga tak lepas dari peran dari Direktur Keuangan.  Di tengah perhatian industri secara global yang tengah fokus pada masalah ekonomi berkelanjutan, seorang Direktur Keuangan harus berkomitmen kepada perusahaan untuk mendukung setiap upaya dan inisiatif green economy terkait ESG (environment, social, governance) demi mewujudkan tata kelola perusahaan yang ramah lingkungan. 

Di sisi lain, Direktur Keuangan harus menjadi motor penggerak inovasi dan menjadi pendorong pada perkembangan bisnis yang mengintegrasikan dengan perkembangan teknologi. 

Baca Juga: Begini Kata Bankir Soal Penyusutan Kantor Cabang Sepanjang 2023

Perkembangan kinerja Bank DKI telah mengantarkan sang Direktur Keuangan & Strategi  Romy Wijayanto meraih predikat Indonesia Best CFO Awards 2024. Ia meraih penghargaan sebagai Best Performance Chief Financial Officer in Strategy Roadmap Implementation to Reach Sustainable Financial Performance Goals, untuk kategori bank daerah dan merupakan salah satu dari 16  Direktur Keuangan terbaik dari berbagai industri. 

Seperti diketahui, Bank DKI  telah mengimplementasikan Program Transformasi 5.0 sejak tahun 2021. Pondasi utama perbaikan dilakukan pada bidang Human Capital, Organisasi dan Budaya, Digital & Operasional yang disertai pilar bisnis yang mendukung berbagai program Pemprov  DKI yang terdiri dari kredit, pendanaan dan ekosistem. 

“Semua dirangkai dengan perbaikan Governance, Risk & Compliance (GRC) yang diharapkan dapat menjadikan kinerja yang berkelanjutan.” kata Romy Wijayanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×