kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,95   3,62   0.40%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lewati target, 13 juta merchant telah terhubung QRIS


Rabu, 01 Desember 2021 / 19:01 WIB
Lewati target, 13 juta merchant telah terhubung QRIS
ILUSTRASI. Sebanyak 13 juta merchant telah terhubungan dengan Quick Response Code Indonesia Standard atau QRIS.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 13 juta merchant telah terhubungan dengan Quick Response Code Indonesia Standard atau QRIS. Jumlah itu melewati target pengguna QRIS tahun ini mencapai 12 juta. 

"Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung QRIS. Target 12 juta, sekarang sudah 13 juta. Saya bersyukur," kata Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendrata dalam diskusi bertajuk “Inovasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi yang Berkesinambungan, pada Rabu (1/12). 

Tahun depan, BI menargetkan total pengguna QRIS mencapai 15 juta. Oleh karena itu, ia meminta dukungan semua pihak bagi regulator, bank, non-bank serta pelaku UMKM untuk berkolaborasi membangun ekosistem. 

Menurutnya, kehadiran QRIS bisa menjadi jalan keluar untuk mempermudah transaksi digital. Menariknya, kata dia, pertumbuhan digitalisasi di Indonesia bukan dimulai dari kalangan atas tetap masyarakat berpenghasilan rendah. 

Baca Juga: BI prediksi transaksi digital banking akan tembus Rp 48.000 triliun pada 2022

Tak hanya itu, BI juga sedang uji coba penyaluran bantuan sosial (bansos) secara digital atau dikenal dengan G2P (Government to Perso) 4.0. Hal ini untuk mengatasi keterbatasan infrastrukturisasi dan literasi keuangan yang masih rendah. 

Hingga saat ini, BI telah melakukan uji coba program ini di tujuh tempat dan berhasil. Rencananya, ada tiga alternatif penyaluran bansos. Pertama, penerima bisa mengakses bansos dengan memindai kode QRIS lewat ponsel pintar (smartphone).

"Jika tidak punya smartphone, dan hanya punya telepon lama, bisa dikirim lewat sms. Jika tidak punya telepon sama sekali, bisa menggunakan biometrik sebagai jalan keluar," kata Filianingsih. 

Baca Juga: BI targetkan 15 juta merchant terhubung QRIS pada 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×