kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

LinkAja akan siapkan pembayaran KRL saat sinyal handphone hilang


Selasa, 17 Desember 2019 / 19:20 WIB
LinkAja akan siapkan pembayaran KRL saat sinyal handphone hilang
ILUSTRASI. Arman Hazairin, Direktur Teknik LinkAja


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) sebagai pemegang izin uang elektronik LinkAja meningkatkan layanan pembayaran tiket KRL Commuter Line. Sejak melakukan uji coba pada Oktober 2019, LinkAja terus mengembangkan agar proses pembayaran tiket dengan uang elektronik berbasis server itu semakin ergonomis.

Direktur Teknik LinkAja Arman Hazairin menyatakan telah melakukan berbagai pencapaian terkait teknologi yang sudah diterapkan dalam platform LinkAja. Kini, LinkAja telah bisa digunakan di KRL. Guna meningkatkan layanan, Ia menyebut ke depan layanan ini bisa dilakukan saat offline.

Lantaran, kini LinkAja sudah memiliki fitur share ur ticket atau goyang tiket kamu. Lewat fitur ini pengguna cukup membuka aplikasi LinkAja lalu mengoyang ponsel pintar lalu akan muncul QR Code yang bisa dibaca oleh gerbang masuk KRL.

Baca Juga: Punya direktur keuangan, LinkAja siap cari investor swasta

“Saat ini sering kali kendala dalam menggunakan uang elektronik adalah sinyal. Nah untuk fitur yang akan datang, saat tidak ada sinyal maka pengguna cukup shake handphone lalu bayar. Selama listrik di gerbang tidak mati dan saldo pengguna setidaknya Rp 13.000 sesuai ketentuan KRL,” ujar Arman di Jakarta pada Selasa (17/12).

Secara teknis telah tersedia 200 gate elektronik di 80 stasiun yang telah dilengkapi dengan scanner milik PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk menerima transaksi LinkAja. Selanjutnya, KCI akan terus menambah jumlah gate elektronik ini hingga mencapai 400 gate.

Para pengguna KRL Commuter Line ke depannya akan sangat dimudahkan dalam penggunaan layanan pembayaran menggunakan LinkAja. Para pengguna KRL yang hendak melakukan perjalanannya harus memastikan saldo LinkAja nya tidak kurang dari Rp 13.000 (biaya jarak terjauh).

Baca Juga: Pengguna LinkAja telah mencapai 40 juta, 52% dari Pulau jawa

Pelanggan hanya perlu melakukan scan kode tiket pengguna yang muncul ketika menggoyangkan HP (dalam kondisi aplikasi LinkAja terbuka) di Stasiun keberangkatan dan kembali melakukan hal yang sama di Stasiun kedatangan.

Saldo LinkAja akan terpotong sesuai dengan jarak tempuh yang dilalui pengguna, dan sisa biaya perjalanan tersebut akan kembali ke saldo yang bersangkutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×