kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

LPS Kembali Adakan Call for Research, Memperebutkan Total Hadiah Rp 205 Juta


Rabu, 13 April 2022 / 12:44 WIB
LPS Kembali Adakan Call for Research, Memperebutkan Total Hadiah Rp 205 Juta
ILUSTRASI.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Riset adalah langkah awal sebuah negara dalam catch-up teknologi dan membangun kapabilitas inovasi. Jika budaya riset itu hidup pada suatu bangsa, maka akan banyak lahir kreativitas, invensi, dan inovasi yang bisa membawa bangsa itu unggul.

Dengan semangat untuk terus meningkatkan minat dan aktivitas riset dan penulisan ilmiah di Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali mengadakan kompetisi riset LPS Call for Research (LPS CFR).

LPS CFR merupakan ajang penulisan ilmiah yang diselenggarakan secara rutin tahunan sejak 2017 yang jumlah pesertanya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tak hanya jumlah peserta yang meningkat, hadiah yang diberikan kepada para pemenang LPS CFR di tahun 2022 melonjak dari penyelenggaraan tahun sebelumnya. Total hadiah LPS CFR tahun ini adalah sebesar Rp205.000.000 dengan perincian sebagai berikut:

Kategori

Juara 1

Juara 2

Juara 3

Sub Tema Umum

Rp35.000.000,-

Rp25.000.000,-

Rp15.000.000,-

Sub Tema Khusus

Rp45.000.000,-

Rp35.000.000,-

Rp25.000.000,-

Favorit

10 pemenang @Rp2.500.000,-

* Pajak hadiah ditanggung pemenang.

Pada tahun 2022 ini, penyelenggaraan LPS CFR mengusung tema “Mendorong Pemulihan Ekonomi yang Resilient di Tengah Tantangan dan Ketidakpastian” dengan 2 (dua) sub tema penelitian yang dapat dipilih, yaitu sub tema umum dan sub tema khusus.

Sub tema umum diperuntukkan bagi minimal mahasiswa Diploma/S1 s.d lulusan S2 dari segala bidang keilmuan dengan pilihan topik yang tersedia antara lain: Program Penjaminan Simpanan; Resolusi Bank; Program Restrukturisasi Perbankan; Stabilitas Sistem Keuangan; Perilaku Deposan dan/atau Bank; Intermediasi Keuangan; Perbankan Syariah; dan Konsolidasi (Merger/Akuisisi) Bank.

Selanjutnya, tema khusus diperuntukkan bagi minimal mahasiswa Diploma/S1 s.d lulusan S3 dari segala bidang keilmuan dengan pilihan topik yang tersedia antara lain: Strategi Meningkatkan Literasi Masyarakat atas Program Penjaminan Simpanan oleh LPS; Tantangan dan Peluang Perbankan Digital serta Implikasinya terhadap Program Penjaminan Simpanan dan/atau Resolusi Bank oleh LPS; Strategi Exit Policy dalam Memitigasi Scarring Effect Pandemi COVID-19 terhadap Ekonomi Nasional; Pengembangan Sektor Jasa Keuangan Nasional yang Berwawasan Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (ESG) untuk Pembangunan Berkelanjutan;  dan Lanskap Sektor Jasa Keuangan Pasca Pandemi COVID-19.

Penyelenggaraan LPS CFR tahun ini dari sisi kepesertaan lebih terbuka, dimana tidak hanya dapat diikuti secara khusus oleh akademisi/profesi peneliti tetapi juga oleh masyarakat umum.  Harapannya dari ajang ini tercipta kontribusi nyata bagi pembangunan dan ekonomi nasional yang resilient dan terus tumbuh secara berkesinambungan. Terlebih dalam masa pemulihan ekonomi dibutuhkan juga transformasi ekonomi, khususnya struktural, agar Indonesia mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonominya.

Perlu diingat, ciri dari kerja riset itu adalah selalu menghasilkan kebaruan (novelty). Oleh karena itu, LPS CFR menjadi wadah bagi masyarakat/peneliti untuk mengekspresikan gagasan baru dan kemampuan penulisan ilmiah.

Serta demi memunculkan gairah terhadap pengembangan riset-riset ekonomi, maka ajang ini juga turut berperan aktif dalam mendiseminasikan fungsi dan tugas LPS kepada publik secara lebih luas.

Jangan lewatkan kesempatan bergengsi ini mengambil peran lebih konkrit bagi negara dan bangsa dengan mengikuti LPS CFR. Pendaftaran peserta LPS CFR dibuka sejak tanggal 1 April 2022 sampai dengan 5 Agustus 2022. Untuk info lengkap mengenai pendafataran dan syarat lengkapnya, Anda bisa mengakses  www.cfr.lps.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×