kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manchester United jadi aksi Danamon gaet nasabah


Rabu, 14 Maret 2012 / 11:55 WIB
Manchester United jadi aksi Danamon gaet nasabah
ILUSTRASI. Ilustrasi. Kunyit


Reporter: Christine Novita Nababan |

JAKARTA. Samantha Siahaan, 19 tahun, girang bukan main begitu tahu kalau gambar club sepak bola favoritnya, Manchester United (MU), bakal mejeng di kartu debit Bank Danamon. Alih-alih membuka rekening baru, mengalihkan seluruh simpanannya ke Bank Danamon pun bakal dilakoni mahasiswi jurusan desain komunikasi visual ini.

Bagi Samantha, itulah salah satu bentuk kecintaannya kepada club sepak bola asal Inggris tersebut. Di samping, setia menonton setiap pertandingan, berburu merchandise dan menghiasi seluruh kamarnya dengan poster pemain MU. Ia mengklaim, kecintaannya ini dimulai sejak duduk di bangku sekolah dasar, 10 tahun belakangan.

Sebetulnya, ketika Bank Danamon pertama kali menerbitkan kartu kredit berlogo MU, Samantha sudah merengek kepada orang tuanya. Namun, usianya tercatat masih belia dan belum memiliki pendapatan tetap, sehingga menghalanginya untuk menjadi nasabah kartu kredit. Beruntung, Bank Danamon merilis kartu debitnya tahun ini.

“Sebelumnya saya tidak bisa memiliki kartu kredit MU, tetapi sekarang tinggal buka rekening baru untuk mendapatkan kartu debitnya. Bagi penggemar MU seperti saya, kartu ini wajib. Mungkin, saya juga akan mengalihkan tabungan ke Bank Danamon demi mengikuti program Red Match,” ujarnya kepada KONTAN, Sabtu (10/3).

Asal tahu saja, Bank Danamon menawarkan tiga fitur menarik pada kartu berlogo MU. Yaitu, Red Match, untuk memenangkan undian menyaksikan langsung pertandingan MU di Stadion Old Trafford di Inggris. Red Rewards, untuk menukarkan poin transaksi dengan berbagai merchandise yang dibubuhi tanda tangan pemain MU atau voucher belanja, dan Red Hot Deals yang memberikan diskon untuk memenuhi gaya hidup nasabah di berbagai gerai.

Penggemar MU lainnya, Eko Pudjo, 31 tahun, malah mengklaim telah memiliki dua kartu dari club sepak bola yang juga dikenal sebagai setan merah itu, yaitu kartu kredit dan debit. Sebagai penggila MU, ia mengaku, tak mau ketinggalan memiliki uang plastik untuk alat pembayaran. Apalagi, iming-iming yang ditawarkan cukup menggiurkan.

Toh, kartu kredit dan debit memiliki keuntungannya masing-masing. Antara lain, untuk mencicil barang elektronik atau membeli tiket pesawat secara online.

“Sembari mencoba peruntungan, siapa tahu saya yang memenangkan undian menyaksikan langsung pertandingan MU di Stadion Old Trafford di Inggris,” imbuh juru masak ini optimistis.

Harus diakui, strategi Bank Danamon untuk menjaring nasabah baru ini cukup ciamik. Bukti nyata, Samantha dan Eko. Mereka mungkin hanya dua dari 30 juta penggemar MU yang ada di Indonesia. Tak terbayang jika bank yang 32,63% sahamnya dikantongi publik ini berhasil merayu seluruh penggemarnya untuk memiliki kartu berlogo MU.

Berdasarkan media sosial Facebook, David Callan, Associate Relationship Director MU Football Club mengungkapkan, tiga juta penggemarnya berasal dari Indonesia. Ini artinya, pasar yang cukup besar untuk kerja sama antara MU dengan Bank Danamon. “Selain alasan untuk mendekatkan diri kepada penggemar kami,” pungkasnya.

Michellina Triwardhany, Consumer Banking Director Bank Danamon mengatakan, pihaknya mencatat ada sekitar 70.000 pemegang kartu kredit MU sejak diluncurkannya pertama kali tahun lalu. “Secara total, hingga akhir tahun lalu, pemegang kartu kredit Bank Danamon mencapai 600.000 dan pemegang kartu debit berjumlah 1,4 juta,” terang dia.

Di awal tahun ini, Bank Danamon kembali meluncurkan kartu berlogo MU, untuk transaksi debit. Diharapkan, jumlah pemegang kartu debit MU ini tidak akan kurang dari 100.000. Apabila, ditambah dengan pemegang kartu kredit MU baru, Michellina menargetkan, pihaknya bakal mencatat 200.000 pemegang kartu baru khusus edisi MU.

Menurut Michellina, optimisme tersebut bukan isapan jempol mengingat mitra bank berkode emiten BDMN ini adalah MU, salah satu club sepak bola terbaik di dunia. Kerja sama Bank Danamon dengan MU dalam rangkaian produk perbankan ini diharapkan mampu menopang pertumbuhan dana pihak ketiga naik 20% hingga akhir 2012 nanti.

Bank membidik kenaikan volume transaksi kartu kredit sebanyak 25% dari outstanding sepanjang tahun lalu yang sebesar Rp 2 triliun dan peningkatan pemegang kartu kredit baru sebanyak 30%. “Pertumbuhan ini akan didukung dengan jaringan kantor dan ATM yang luas,” ungkap Sonny Wahyubrata, Retail Banking Product Management Head Bank Danamon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×