Reporter: Galvan Yudistira | Editor: A.Herry Prasetyo
JAKARTA. Bank Mandiri menilai tren transaksi belanja online menggunakan kartu debit baru dimulai. Sebagai salah satu bank yang telah memulai memberikan layanan belanja online menggunakan kartu debit sejak 2014, Bank Mandiri terus mencatat peningkatan nilai dan jumlah transaksi kartu debit .
Menurut Setiyo Wibowo, Senior Vice President Consumer Deposit Bank Mandiri, tren transaksi online tahun ini meningkat lima kali lipat ketimbang tahun lalu. "Di Bank Mandiri, transaksi tumbuh lima kali lipat baik dari frekuensi maupun volume rupiah," ujar Setiyo kepada KONTAN, Selasa (8/12).
Namun, Setiyo enggan membeberkan nilai transaksinya. Yang pasti, Setiyo bilang, penggunaan kartu debit untuk transaksi online masih terbilang kecil jika dibandingkan belanja offline atau toko biasa.
Setiyo mengatakan, penggunaan kartu debit untuk transaksi belanja online baru mencapai 2% dari total transaksi kartu debit Bank Mandiri. Setiyo berharap, tahun depan, kontribusi penggunaan kartu debit untuk belanja online naik menjadi 5%.
Menurut Setiyo, potensi transaksi belanja online menggunakan kartu debit masih terbuka lebar. Apalagi, belum banyak bank yang menawarkan layanan serupa. Yang jelas, keamanan transaksi online menggunakan debit harus dijaga dengan keamanan khusus.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News