kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mandiri Tunas akan luncurkan kredit mobil 0%


Selasa, 07 April 2015 / 16:08 WIB
Mandiri Tunas akan luncurkan kredit mobil 0%
ILUSTRASI. Perpanjang SIM Langsung Datangi Layanan SIM Keliling Bekasi Hari Ini 25 Oktober 2023


Reporter: Maggie Quesada Sukiwan | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Guna menggenjot pembiayaan kendaraan roda empatnya, PT Mandiri Tunas Finance (MTF) berencana menawarkan kredit mobil dengan bunga 0%. Jika tak ada aral melintang, program tersebut akan dieksekusi pada bulan Mei 2015.

Direktur MTF, Harjanto Tjitohardjojo menuturkan, penawaran bunga 0% tersebut hanya berlaku untuk kredit mobil bertenor 6 bulan dengan harga di atas Rp 400 juta. "Untuk kelas premium. Kami masih untung tipis dari subsidi administrasi dan asuransi," jelasnya, Selasa (7/4).

Perusahaan memang sengaja membidik kalangan menengah ke atas. Sebab, jumlah masyarakat yang berpenghasilan menengah diprediksi akan senantiasa meningkat. Selain itu, MTF juga sedang menyiapkan penawaran kredit mobil dengan tenor hingga 7 tahun. Tetapi, mereka masih mengkaji besaran bunga yang tepat yang akan disematkan pada penawaran ini.

Saat ini, untuk kredit mobil baru, anak usaha Bank Mandiri tersebut menawarkan jasa pembiayaan dengan tenor hingga lima tahun. Sedangkan untuk kredit mobil bekas, perusahaan bersedia membiayai hingga empat tahun.

"Saat ini bunga flat di 5,5%. Kami belum berencana untuk menurunkan bunga kredit," ujarnya. Hal ini dikarenakan sang induk usaha yang berperan sebagai sumber pendanaan mayoritas belum menurunkan bunga pinjamannya ke MTF. Maklum, 80% sumber pendanaan perusahaan berasal dari Bank Mandiri.

Oleh karena itu, lanjut Harjanto, mereka harus menunggu penurunan bunga pinjaman dari Bank Mandiri jika ingin menurunkan bunga kredit. Sepanjang tahun 2014, MTF telah menurunkan bunga kredit sebanyak dua kali dengan total 50 basis point atau 0,5%.

Mayoritas pembiayaan MTF masih mengalir ke mobil baru, yakni 93%. Sedangkan 5% merupakan pembiayaan mobil bekas, dan sisanya berupa penyaluran kredit alat berat.

Hingga akhir tahun 2015, perusahaan berharap dapat meraup pembiayaan Rp 20 triliun, tumbuh 35% ketimbang raihan akhir tahun lalu yang berkisar Rp 14,77 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×