kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mandiri Utama Finance segera realisasikan DP 0% untuk kredit kendaraan bermotor


Kamis, 10 Januari 2019 / 15:39 WIB
Mandiri Utama Finance segera realisasikan DP 0% untuk kredit kendaraan bermotor


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mandiri Utama Finance (MUF) siap untuk merealisasi ketentuan uang muka atau down payment (DP) 0% untuk pembiayaan kredit kendaraan bermotor tahun ini.

Presiden Direktur Mandiri Utama Finance Stanley Setia Atmadja mengatakan, realisasi ketentuan tersebut mesti mempertimbangkan risiko dan profitabilitas perusahaan.

"Karena kebijakan ini sangat menarik bagi nasabah, tapi mempunyai risiko yang lebih tinggi dibandingkan nasabah yang tidak menggunakan DP 0%," kata Stanley kepada Kontan.co.id, Kamis (10/1).

Nantinya, penerapan kredit DP 0% untuk segmen nasabah yang mempunyai tingkat risiko rendah. Misalnya, dengan mengoptimalkan potensi nasabah kepegawaian atau payroll dari induk perusahaan, yaitu PT Bank Mandiri (Persero).

"Mandiri Utama Finance akan melakukan sinergi yang kuat dengan Bank Mandiri yang mempunyai banyak payroll company," tambahnya.

Peraturan OJK Nomor 35/POJK.05/2018 Tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, mengatur mengenai uang muka pembiayaan kendaraan bermotor. Diantaranya, perusahaan pembiayaan yang mempunyai rasio NPF lebih rendah atau 1% dapat menerapakan DP 0% kredit kendaraan bermotor kepada debitur.

Namun, hingga Desember 2018, tingkat NPF MUF berada di posisi 1,08%. Tapi, hal itu tidak menjadi ganjalan perusahaan untuk menerapkan DP 0%, karena Mandiri Utama Finance akan berupaya menjaga dan mempertahankan tingkat NPF serendah mungkin.

Stanley belum bisa memastikan berapa target pembiayaan yang dibidik melalui program DP 0%. Yang jelas, perusahaan menargetkan pembiayaan tahun ini sebesar Rp 8,1 triliun, atau tumbuh 9,45% dari realisasi tahun lalu yaitu Rp 7,4 triliun.

Perusahaan telah menyiapkan sokongan pendanaan sebesar Rp 4 triliun untuk kebutuhan penyaluran pembiayaan di 2019. Pendanaan tersebut dijaring melalui perbankan lokal, dan mayoritas dari Bank Mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×