kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,25   2,50   0.28%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaatkan Momentum Ramadan, Tren Cicilan Pembiayaan Elektronik dan Gawai Meningkat


Selasa, 04 April 2023 / 17:16 WIB
Manfaatkan Momentum Ramadan, Tren Cicilan Pembiayaan Elektronik dan Gawai Meningkat
ILUSTRASI. pembiayaan elektronik naik


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada momentum Ramadan dan Lebaran, perusahaan pembiayaan bakal lebih sibuk. Biasanya pada momentum ini, permintaan kredit elektronik menanjak.

Semisal, PT Akulaku Finance Indonesia yang mengaku tren pembiayaan elektronik yang meningkat lebih dari 25%, jika dibandingkan momen Ramadan tahun lalu.

"Hal ini tentunya sebagai dampak dari dicabutnya PPKM tahun ini dan proyeksi peningkatan arus mudik yang bakal meningkat signifikan," kata Efrinal Sinada, Presiden Direktur Akulaku Finance kepada Kontan.co.id, Selasa (4/4).

Selain pembiayaan elektronik, Akulaku Finance juga mencatatkan peningkatan lainnya yang juga terjadi di segmen fashion dan perlengkapan anak.

Pada 2022, Akulaku Finance telah berhasil merealisasikan penyaluran pembiayaan barang elektronik hampir Rp 13 triliun. Nilai pembiayaan tersebut meningkat 20% dibanding 2021 dan berhasil melampaui angka yang ditargetkan sebelumnya sebesar Rp 11 triliun.

Baca Juga: Bisnis Gadai Diprediksi Tak Akan Naik Signifikan pada Momen Ramadan Tahun Ini

Peningkatan nilai tersebut didorong oleh perilaku daya hidup masyarakat yang mulai bergeser ke belanja online. Di tahun 2023 ini, Akulaku Finance menargetkan nilai pembiayaan barang elektronik sebesar Rp 15 triliun.

Sementara itu, VP Marketing & Communications Kredivo Indina Andamari mengatakan, sebagaimana di momentum Ramadan-Lebaran pada umumnya, pembiayaan elektronik dan gadget cenderung meningkat signifikan, apalagi tahun ini merupakan Ramadan-Lebaran pertama di masa endemi.

"Pada tahun 2022, nilai transaksi di kategori elektronik dan gadget meningkat sebesar 69% dibandingkan tahun 2021, dan tahun ini kami optimistis untuk melihat peningkatan yang lebih baik," kata Indina kepada Kontan.co.id.

Selain elektronik dan gadget, lanjut Indina, Kredivo juga mengantisipasi peningkatan transaksi signifikan di kategori travel, fashion & beauty, groceries & food dan home living. Hal ini juga berkaca pada tren belanja konsumen selama Ramadan-Lebaran beberapa tahun sebelumnya, termasuk pada 2022.

"Secara umum, nilai transaksi Paylater Kredivo selama Ramadan tahun 2022 pun naik sebesar 55% dibanding 2021," tuturnya.

Indina menerangkan, untuk mengakomodasi tren permintaan konsumen selama Ramadan-Lebaran tahun ini, Kredivo telah menghadirkan program promo bertajuk SALEturahmi, dengan ragam penawaran diskon hingga bunga 0%.

Untuk kategori elektronik dan gadget, terdapat promo bebas 1 bulan cicilan di sejumlah merchant offline dan online Kredivo. Selain itu, pengguna juga bisa mendapat diskon 5% hingga 100 ribu bagi pengguna basic dan hingga 500 ribu bagi pengguna premium

"Kami juga terus memperluas kerja sama dengan berbagai pelaku ritel terkemuka dengan berbagai cabang offline yang tersebar di Indonesia, mulai dari Kanmo Group, MAP Group, IKEA, Air Asia, Ramayana, hingga Alfamart dan lainnya," pungkasnya.

Ada juga Home Credit Indonesia yang memanfaatkan pembiayaan elektronik di momen Ramadan-Lebaran. Chief Marketing & Digital Officer Home Credit Indonesia Sheldon Chuan optimistis dengan kinerja pembiayaan elektronik di bulan Ramadan.

Baca Juga: OJK Sanksi Pembatasan Kegiatan Usaha kepada Mega Jasa Reinsurance Brokers

Pasalnya, kata Sheldon, berbagai indikator ekonomi, termasuk Indeks Keyakinan Konsumen, menunjukkan optimisme dengan berada di level 122,4 yang ditopang oleh meningkatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) terutama pada komponen Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Penghasilan Saat Ini.

Membaiknya kondisi ekonomi ini juga berdampak terhadap peningkatan permintaan berbagai barang elektronik, seperti smartphone premium seperti Apple 14 atau Samsung S23.

"Selama Ramadan, kami memberikan promo spesial kepada para pelanggan yaitu “Promo Ngabuburit” dengan ratusan hadiah untuk ratusan pemenang setiap harinya di mana hadiah tersebut berupa emas, aneka elektronik dan saldo Home Credit Pay," kata Sheldon kepada Kontan.co.id.

Sheldon menambahkan, selain elektronik, furnitur menjadi komoditas yang banyak dibeli oleh masyarakat menggunakan layanan pembiayaan Home Credit. Dalam menyediakan layanan pembiayaan furnitur, Home Credit bekerja sama dengan berbagai mitra, seperti Massindo (Comforta, Therapedic, Airland, Spring Air), Advance, Airland, Simmons, Ocean, Perfect Health, dll.

Untuk diketahui, Home Credit membukukan penyaluran pembiayaan Rp 710 miliar pada periode Ramadan 2022, tumbuh 5,2% dibandingkan Ramadan 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×