kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melalui Kredit Kemitraan, Bank BJB Dorong Ekspor Porang ke China


Minggu, 07 Agustus 2022 / 07:37 WIB
Melalui Kredit Kemitraan, Bank BJB Dorong Ekspor Porang ke China


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Bank BJB mendukung ekspor porang ke China agar para petani bisa lebih sejahtera melalui penyaluran kredit dengan skema pola kemitraan.

Dukungan tersebut terlihat pada pelepasan ekspor perdana serpih (chips) porang ke China sebanyak 54 ton dengan total nilai sebesar Rp 1,8 miliar, pada Selasa (2/8) di Selasar Plaza Upakarti, Komplek Pemda Kabupaten Bandung.

Secara simbolis, pelepasan tersebut dilakukan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung Dicky Anugrah didampingi Direktur PT Sanindo Porang Berkah Dhian Rahadian serta Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank BJB Denny Mulyadi.

Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan perusahaan sebagai mitra strategis pemerintah mendorong pengembangan usaha pertanian baik porang maupun komoditas pertanian lainnya melalui penyaluran kredit dengan skema pola kemitraan.

"BJB bersama pemerintah terus mendorong para petani agar lebih sejahtera melalui ekspor dengan dukungan pembiayaan pola kemitraan yang saling menguntungkan dan dapat tumbuh bersama," ujar Widi dalam keterangan tertulis, Minggu (7/8).

Baca Juga: Sinergi KUB BPD, Bank BJB akan Setor Modal ke Bank Bengkulu Rp 250 Miliar

Saat ini, BJB telah membiayai para mitra petani porang dari Sanindo Porang Berkah di Jawa Barat sebanyak 100 orang dengan total luas lahan 164 hektar dan total pembiayaan sebesar Rp 32 miliar.

Melalui pembiayaan tersebut, diharapkan Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu sentra porang untuk mencukupi kebutuhan pasar nasional dan internasional sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

"Bank BJB sangat mendukung karena Jawa Barat memiliki banyak komoditi yang menjanjikan untuk dikembangkan dengan potensi pasar yang sangat besar di dalam maupun luar negeri," kata Widi.

Di sektor pertanian, Bank BJB bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga secara konsisten terus mendorong program unggulan petani milenial melalui permodalan dan pemberdayaan demi regenerasi para pelaku usaha di sektor pertanian.

Program ini juga diharapkan bisa menahan laju urbanisasi sehingga bisa memberikan kesempatan kepada anak muda turut berkontribusi memajukan perekonomian desa.

Baca Juga: Bank BJB akan Setor Modal ke Bank Bengkulu Rp 250 Miliar, Dalam Rangka SInergi KUB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×