kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS948.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Menebak pengganti Suprajarto paska dicopot jadi Dirut BRI


Minggu, 01 September 2019 / 18:06 WIB
Menebak pengganti Suprajarto paska dicopot jadi Dirut BRI
ILUSTRASI. Direksi BRI Menyampaikan Kinerja keuangan triwulan II-2019

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kursi Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) kini tengah kosong. Ini menyusul penolakan Suprajarto yang dimutasi menjadi Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).

Sebab, menurut UU 19/2003 tentang Badan Usaha Milik (BUMN), Direksi BUMN dilarang merangkap jabatan baik pada BUMN lain maupun pada perusahaan lain.

Baca Juga: Bagaimana status Suprajarto di BRI pasca menolak jadi dirut BTN?

Sementara atas aksi penolakan Suprajarto, BTN sendiri telah menunjuk Oni Febriarto sebagai pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama BTN. Oni saat ini juga menjabat sebagai Direktur Commercial Banking BTN.

“Kalau sudah ditetapkan disini (RUPSLB BTN) otomatis beliau (Suprajarto) sudah tidak menjabat (di BRI),” kata Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo usai RUPSLB BTN, Kamis (29/8) di Jakarta.

Dalam laman Instagramnya, Suprajarto sendiri telah menyatakan dirinya pamit dari bank dengan aset terbesar di tanah air tersebut.

“Saya izin pamit dari BRI yang sangat saya cintai. Saya titip BRI kepada teman-teman sekalian yang sudah sangat luar biasa membantu saya selama ini. Saya yakin BRI akan tetap jaya dan selalu menjadi bank nomor satu di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara serperti visi kita bersama,” kata Suprajarto dalam unggahan fotonya saat menggelar konferensi pers terkait penolakannya menjadi Direktur Utama BTN, Kamis (29/8).

Baca Juga: Hexana Tri Sasongko dikabarkan jadi Wadirut BRI

Lantas siapa yang akan menggantikan Suprajarto menjadi BRI-1. Gatot sendiri saat ditanyakan terkait pengganti Suprajarto enggan memberitahukannya. Ia bilang keputusan akan dilangsungkan dalam RUPSLB BRI Senin (2/9) besok.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama BRI Sunarso dikabarkan menjadi calon terkuat pengganti Suprajarto. Sayangnya, KONTAN belum berhasil mengonfirmasi ini kepada Sunarso. Pesan yang dikirim KONTAN tak dijawabnya.

Sedangkan posisi Sunarso dikabarkan akan diganti oleh Direktur Utama PT Jiwasraya Heaxana Tri Sasongko. “Saya belum tahu, jadi belum bisa berkomentar,” katanya kepada KONTAN, Minggu (1/9).

Baca Juga: Suprajarto Tolak Jabatan Dirut BTN, Ini Beda Gaji dan Tunjangan Direksi BRI dan BTN

Dalam RUPSLB besok, BRI akan menggelar tiga agenda: evaluasi kinerja semester 1-2019, persetuuan rencana aksi (recovery plan), dan perubahan susunan pengurus perseroan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×