kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menperin: Perlu Transformasi Digital untuk Kemajuan Koperasi


Senin, 24 Juli 2023 / 11:31 WIB
Menperin: Perlu Transformasi Digital untuk Kemajuan Koperasi
ILUSTRASI. Kementerian Perindustrian mendukung kemajuan koperasi, salah satunya dengan mempercepat transformasi digital.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian mendukung kemajuan koperasi di Indonesia salah satunya dengan mempercepat transformasi digital di lingkungan koperasi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, di semua sektor termasuk koperasi harus menyiapkan diri dan mengakselerasi dalam melakukan transformasi digital, koperasi digital adalah suatu keharusan.

Lebih lanjut, Agus menilai adanya digitalisasi dalam proses kegiatan di koperasi, baik itu koperasi yang menghasilkan produk atau jasa, akan dapat menghasilkan efisiensi dan meningkatkan daya saing.

Baca Juga: PNM Berkolaborasi Dengan Pemerintah Provinsi Jambi Bantu Pengembangan UMKM

“Hal ini seiring dengan perkembangan zaman, koperasi dapat menjadi menjadi salah satu pilar kekuatan ekonomi di era ekonomi digital,” kata Agus dalam siaran pers, Minggu (23/7).

Kemenperin memiliki banyak program dan kegiatan dalam pembinaan IKM, yang juga bisa relevan dengan upaya  pengembangan koperasi. Kemenperin juga punya lima unit kerja di wilayah Sumatra Barat, terbanyak dibandingkan provinsi lainnya.

Agus optimistis koperasi berperan penting dalam menopang perekonomian nasional. Apalagi, saat ini, kondisi perekonomian Indonesia sedang berada di level yang cukup baik dan stabil, terihat dari sejumlah indikator.

Ia berharap, koperasi turut menjadi agen keberhasilan dalam pelaksanaan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Sebab, produk-produk dalam negeri harus bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Karena kami ingin melihat ke depan, terciptanya banyak koperasi yang berkategori sebagai entitas usaha besar. Di beberapa negara dunia, keberhasilan ekonominya itu karena juga ditentukan keberhasilan dalam membangun koperasi itu sendiri," pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×