kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,29   5,94   0.64%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Merah Putih Fund Akan Bantu Unicorn Lokal Listing di Bursa Efek Indonesia


Rabu, 09 Februari 2022 / 13:05 WIB
Merah Putih Fund Akan Bantu Unicorn Lokal Listing di Bursa Efek Indonesia
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo memaparkan platform pendanaan bernama Merah Putih Fund saat Mandiri Investment Forum 2022, Rabu (9/2).


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menyiapkan Merah Putih Fund untuk mendanai perusahaan-perusahaan rintisan atau startup potensial. Wakil Menteri Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan Merah Putih Fund akan menjadi alternatif bagi perusahaan startup mengurangi pendanaan dari modal asing

Merah Putih Fund juga bakal mengawal unicorn lokal masuk Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Kami akan luncurkan Merah Putih Fund. Lembaga ini untuk soonicorn atau startup yang bergerak jadi unicorn. Mereka akan tetap berada di Indonesia dan kami juga akan dukung mereka untuk listing di BEI,” ujar Kartika dalam seminar daring Mandiri Investment Forum 2022, Rabu (9/2).

Baca Juga: Mandiri Capital Indonesia Danai Tujuh Startup Sepanjang Tahun 2021

Ia menyebutkan, Merah Putih Fund akan menyuntikkan dana sekitar US$ 300 juta atau setara Rp 4,3 triliun kepada perusahaan rintisan atau startup lokal agar dapat naik kelas menjadi startup unicorn. “Dana ini akan diluncurkan dengan jumlah committed fund mencapai sekitar US$ 300 juta,” kata Kartika.

Merah Putih Fund nantinya akan fokus dalam pendanaan kepada startup lokal agar soonicorn (soon to be unicorn) yang menjadi unicorn akan tetap beroperasi di Indonesia.

“Melalui kolaborasi ini kita berharap bahwa kita bisa mendukung dan memastikan startup-startup nasional mendapatkan pendanaan di dalam negeri, serta juga menciptakan ekosistem yang melahirkan banyak startup unicorn bahkan decacorn nasional ke depan,” ujarnya.

Merah Putih Fund ditargetkan meluncur pada kuartal II 2022. Merah Putih Fund akan dikelola oleh lima corporate venture capital BUMN yakni Mandiri Capital Indonesia, MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, BRI Ventures, dan BNI Ventures.

Baca Juga: Incar Calon Unicorn, Merah Putih Fund Bakal Diluncurkan Pada Kuartal II-2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×