kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski kredit dijamin pemerintah, bank swasta pilih berhati-hati dalam berekspansi


Rabu, 08 Juli 2020 / 18:33 WIB
Meski kredit dijamin pemerintah, bank swasta pilih berhati-hati dalam berekspansi
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di kantor cabang BCA Tangerang Selatan, Jumat (17/4). Kredit dijamin pemerintah, bank swasta hati-hati berekspansi./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/17/04/2020.


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank swasta yang telah meneken kerja sama dengan PT Askrindo dan PT Jamkrindo terkait penjaminan kredit UMKM dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) tak mau tergesa-gesa berekspansi. Ini berbeda dengan yang dilakukan oleh bank pelat merah yang juga mendapat penjaminan serupa.

Selasa (7/7), empat bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), empat bank daerah, dan lima bank swasta teken kerja sama dengan Askrindo dan Jamkrindo. Ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 71/2020.

Baca Juga: Optimalkan dana PEN, Bank Mandiri fokus garap sektor pendukung padat karya

Melalui kerja sama ini, baik Askrindo maupun Jamkrindo bakal menjamin hingga 80% tunggakan pokok atau bunga dari nilai plafon. Adapun nilai plafon maksimal yang bisa diberikan adalah Rp 10 miliar. Sementara premi penjaminan sepenuhnya akan ditanggung pemerintah. Sebagai catatan, pemerintah mengalokasikan Rp 1 triliun untuk premi penjaminan tersebut.

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) salah satu bank yang teken kerja sama mengaku tak mau buru-buru menggelar ekspansi meski penjaminan kredit kini ditanggung pemerintah. “Tidak ada target penyaluran kreditnya, situasi pandemi seperti ini sulit membaca kecepatan pemulihan ekonomi,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiatmadja kepada Kontan.co.id, Rabu (8/7).

Hal senada juga disampaikan Direktur Utama PT National Nobu Tbk (NOBU) Suhaimin Johan. Ia bilang masih menakar segmen UMKM apa yang bisa jadi bidikan ekspansi perseroan.

“Kami akan ikuti arahan regulator, termasuk sektor usaha apa yang bisa bergerak untuk pemulihan ekonomi. Saat ini target ekspansi juga masih kami susun,” katanya kepada Kontan.co.id.

Baca Juga: Gagal bayar KSP Indosurya, ini peranan dua tersangka baru

Kondisi ini berbeda dengan bank pelat merah yang dapat fasilitas penjaminan serupa. Maklum, selain dapat penjaminan, bank pelat merah juga mendapat penempatan dana senilai Rp 30 triliun sebagai bekal ekspansi. Adapun secara total, Himbara menargetkan dari dana tersebut bisa disalurkan kredit senilai Rp 188,55 triliun.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×