kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.774   -14,00   -0,09%
  • IDX 7.460   -19,91   -0,27%
  • KOMPAS100 1.153   -1,43   -0,12%
  • LQ45 914   0,41   0,05%
  • ISSI 225   -1,12   -0,49%
  • IDX30 472   0,95   0,20%
  • IDXHIDIV20 569   1,36   0,24%
  • IDX80 132   0,02   0,01%
  • IDXV30 140   0,92   0,66%
  • IDXQ30 157   0,24   0,16%

Miliaran rupiah klaim asuransi jiwa terkait Covid-19 telah dibayarkan


Minggu, 27 September 2020 / 15:08 WIB
Miliaran rupiah klaim asuransi jiwa terkait Covid-19 telah dibayarkan
ILUSTRASI. Pembayaran klaim asuransi terbesar di wilayah Jakarta yakni Rp 146,92 miliar.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan-perusahaan asuransi melanjutkan pembayaran klaim terkait corona. Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyebutkan, total klaim asuransi jiwa terkait corona (Covid-19) mencapai Rp 216,02 miliar untuk 1.642 polis pada akhir Juni 2020.

Pembayaran klaim asuransi terbesar di wilayah Jakarta yakni Rp 146,92 miliar. Menyusul Jawa Timur Rp 21,11 miliar, Jawa Barat Rp 19,23 miliar, Banten Rp 13,16 miliar, Jawa Tengah Rp 3,74 miliar dan lainnya.  "Adapula perusahaan Indonesia atau nasabah lagi di luar negeri tapi bayar asuransi jiwa di Indonesia seperti di Singapura, dan Amerika Serikat," ungkap Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi AAJI Wiroyo Karsono. 

Wiroyo mengatakan, pembayaran klaim tetap dijalankan meski pemerintah menyatakan bahwa Covid-19 merupakan pandemi. Artinya, biaya pengobatan terkait Covid-19 menjadi tanggungan pemerintah. "Klaim khusus Covid-19, akibat mereka yang terpapar dan telah dibayarkan. Sebagian besar adalah klaim asuransi jiwa dan kesehatan," kata Wiroyo, Jumat (25/9). 

Baca Juga: Hasil investasi asuransi jiwa tergerus akibat pandemi Covid-19

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia telah membayarkan klaim Covid-19 Rp 10,9 miliar hingga 31 Agustus 2020. CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman mengatakan, klaim tersebut telah dibayarkan kepada 120 orang nasabah baik individu maupun grup dengan rincian 114 klaim pengobatan dan 6 klaim kematian akibat Covid-19. 

"Ini merupakan wujud komitmen Generali untuk menjadi lifetime partner yang selalu mendampingi di setiap tahap kehidupan nasabah, khususnya di masa-masa sulit seperti sekarang ini," kata Edy. 

Generali Indonesia juga mendukung keluarga yang membutuhkan bantuan berupa sembako, pendampingan vaksin dan imunisasi pada balita. Perusahaan juga memberikan sejumlah gadget serta wifi gratis kepada anak-anak kurang beruntung di wilayah Jakarta, Tangerang dan Depok. "Semua program ini tergabung dalam program The Human Safety Net, sebuah gerakan rantai kebaikan yang menghubungkan banyak orang untuk saling membantu sesama,"tutupnya. 

Baca Juga: Disebut Kejagung gagal bayar sejak Oktober 2019, ini klarifikasi WanaArtha Life

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×