kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Minggu depan, Bank BJB siap luncurkan layanan QR Code


Minggu, 25 Agustus 2019 / 17:22 WIB

Minggu depan, Bank BJB siap luncurkan layanan QR Code
ILUSTRASI. Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi


KONTAN.CO.ID - BADUNG. PT Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR, anggota indeks Kompas100) fokus membangun sistem digital di tahun ini. Salah satunya adalah dengan melakukan soft launching QR Code Indonesia Standar (QRIS) pada 31 Agustus mendatang.

Direktur Utama BJB Yuddy Renaldi menyatakan, Bank BJB telah mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia (BI) untuk bisa merilis QRIS. 

Baca Juga: Suku bunga turun, bank berlomba genjot fee based income

"Alhamdulillah, QRIS sudah disetujui BI. Tanggal 31 Agustus nanti, kami mau softlaunching di sekitar Braga, Bandung. Kami ingin agar masyarakat bisa segera merasakan langsung user experience terkait QR Code BJB," katanya pada acara media gathering BJB, Sabtu (24/8).

Yuddy mengakui tren digital tengah melanda semua industri termasuk industri perbankan. Untuk itu, tak hanya QR Code yang akan diluncurkan. Tapi ada juga beberapa inisiatif lain dalam rangka program digitalisasi ini di antaranya adalah e-form dan cash recycling machine (CRM). 

Direktur Operasional BJB Teddy Setiawan menjelaskan, layanan e-form ditujukan guna memudahkan sistem pembukaan rekening. Di mana pelanggan yang ingin membuka tabungan bisa registrasi secara online. 

Baca Juga: Penuhi ketentuan, OJK cabut sanksi pembekuan usaha Tirta Finance

"CRM atau mesin yang bisa sekaligus setor dan tarik tunai ini rencananya bisa ada akhir tahun ini," jelasnya. Yang paling penting, BJB siap mengantisipasi isu utama dalam layanan digital. 

"Isu besarnya di digitalisasi perbankan adalah kesiapan sistem. Kami sudah coba sistem kami saat uji coba 17 Agustus kemarin, ada 1.500 nasabah yang masuk ke sistem dan tidak hang. Saat ini, fee based e-wallet payment kami ada 3.500 nasabah. Ke depannya, kami berharap bisa terus bertambah," jelas dia.


Reporter: Merlinda Riska
Editor: Tendi
Video Pilihan


Close [X]
×