kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MNC Life incar dua perusahaan asuransi


Kamis, 29 Januari 2015 / 07:34 WIB
MNC Life incar dua perusahaan asuransi
ILUSTRASI. Twibbon Hari Pramuka 2023.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Berambisi memperbesar bisnis, PT MNC Life Assurance berencana mengakuisisi perusahaan asuransi jiwa. Meski tak mau menyebut nama, terdapat dua perusahaan asuransi jiwa yang masuk radar MNC untuk diakuisisi.

Patricia Rolla Bawata, Presiden Direktur MNC Life menuturkan, sejak tahun lalu, pihaknya mengincar perusahaan asuransi jiwa untuk diambil alih. Sayang, sejumlah investor asing datang dengan penawaran yang lebih besar. Alhasil, buruan pun lepas.

"Kami tawar menggunakan perhitungan yang logis tetapi tentu mereka tergiur saat ada penawaran yang lebih tinggi," kata Patricia, kemarin.

Untuk merealisasikan aksi korporasi tersebut, MNC Life mengaku sudah menyiapkan dana hingga Rp 1 triliun. Menurut Patricia, kedua perusahaan asuransi jiwa yang sedang diincar oleh MNC sudah memenuhi syarat dari regulator yakni ketentuan modal minimal Rp 100 miliar. Namun, dari sisi pertumbuhan bisnis masih terbilang mini.

Celah inilah yang akan dimanfaatkan MNC Life. Karena sebagian sahamnya dipegang investor di luar negeri, maka mereka akan lebih ketat dalam menilai kinerja bisnis mereka di Indonesia. Bila dirasa kurang menguntungkan, bakal jadi pertimbangan serius untuk angkat kaki.

"Kalau ternyata bisnis mereka di sini tidak perform, akan lebih mudah untuk mengambil alih dari pemodal mereka di luar negeri," ujar Rolla.

Selain tetap mencari celah untuk ekspansi secara anorganik, MNC Life juga mengincar pertumbuhan bisnis. Dari sisi premi, misalnya, MNC Life menargetkan pertumbuhan lebih dari dua kali lipat menjadi Rp 1 triliun.

Kendati kinerja premi asuransi sampai akhir 2014 belum selesai diaudit, Patricia bilang, sedikit meleset dari target yakni Rp 500 miliar. "Tahun lalu banyak agenda politik yang memengaruhi perolehan premi jadi tidak optimal," kilahnya.

Supaya target tahun ini tidak melenceng, MNC Life akan fokus pada penguatan jaringan pemasaran. Salah satunya adalah memperkuat jalur distribusi dari keagenan. Tahun ini, MNC Life berharap jumlah agen bisa mencapai 10.000 orang.

Sepanjang Januari-Desember 2014 lalu, MNC Life baru memiliki 8.300 agen. Penambahan agen ini sejalan dengan strategi perseroan yang masih mengandalkan jalur distribusi ini sebagai pos dominan. Per Desember 2015, MNC mengharapkan bisa mencetak premi dari keagenan sebesar Rp 500 miliar atau separuh dari target tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×