kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Modal ventura masih berburu start up Indonesia


Sabtu, 02 November 2019 / 11:29 WIB
Modal ventura masih berburu start up Indonesia
ILUSTRASI. Pejalan kaki melintas dekat panduk modal Ventura di Jakarta. Start up di Indonesia masih jadi bidikan modal ventura untuk didanai. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia rupanya masih jadi ladang bagi kalangan modal ventura untuk berburu start up. Start up di Indonesia masih jadi bidikan modal ventura untuk didanai.

Salah satu perusahaan modal ventura tahap awal terbesar di Asia Tenggara, Jungle Ventures tengah mencari dua start up asal Indonesia untuk diinvestasi. Managing Partner Jungle Ventures David Gowdey menyatakan terdapat dua kriteria start up yang menjadi fokus yakni start up teknologi yang bergerak pada bisnis konsumer dan software.

“Biasanya kita memberikan pendanaan Seri A dan B, tapi kami juga melihat untuk pendanaan Pra seri A dan C. Saya melihat pasar Indonesia mengalami perubahan sejak 3-5 tahun. Kualitas bisnis dan pendiri usaha yang banyak mendirikan start up untuk menyelesaikan berbagai persoalan. Kami menjadi pendiri start up yang berkualitas tidak masalah dia berasal dari mana,” ujar David di Jakarta pada Jumat (1/11).

Baca Juga: Dana segar dari perusahaan BUMN mulai berdatangan ke kantong Link Aja

Ia menyatakan selama ini, Jungle Ventures telah mengucurkan 30% pendanaannya pada start up India. Pendanaan yang diberikan berupa seri A dan B. Ia mengklaim pendanaan itu digunakan oleh start up India untuk melakukan ekspansi ke pasar Asia Tenggara.

Sedangkan 70% pendanaan lainnya telah diberikan ke pada start up di kawasan Asia Tenggara. Modal Ventura ini termasuk investor awal bagi 32 start up yang beberapa di kawasan itu. Ambil contoh RedDoorz, Pomelo Fashion, dan Kredivo. Selain itu, Jungle Ventures sudah memberikan investasi kepada start up asal Indonesia seperti Sociolla, WareSix, dan SweetEscape.

Asal tahu saja, Jungle Ventures III baru saja menutup penggalangan dana ketiga. Perusahaan ini telah mengumpulkan total pendanaan sebesar IS$ 240 juta, termasuk IS$ 40 juta yang diperoleh secara terpisah dalam komitmen akun kelolaan (managed account). Dana tersebut akan diinvestasikan pada berbagai perusahaan berteknologi inovatif dan bisnis digital di Asia Tenggara.

Jumlah pendanaan ini naik dua kali lipat lebih besar dari pendanaan sebelumnya, Jungle Ventures II pada 2016 lalu. Pada pendanaan tahap ini hampir 60% pendanaan berasal dari luar Asia.

Baca Juga: Sejak awal tahun hingga Oktober, Akseleran catat realisasi pinjaman Rp 600 miliar

Lebih dari 90% modal berasal dari investor institusional yang mencakup Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah dan Asia. Jumlah investor baru mengambil porsi hampir 70% dari penggalangan dana investasi ini, dan sisanya merupakan investor lama.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×