kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Multifinance akan pangkas bunga


Senin, 02 Oktober 2017 / 11:04 WIB
Multifinance akan pangkas bunga


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren suku bunga yang terus menurun membuat multifinance mengatur strategi pembiayaan. Beberapa multifinance berencana menurunkan suku bunga pinjaman.

PT Mandiri Tunas Finance (MTF) berencana memangkas suku bunga kredit. Direktur MTF Harjanto Tjitohardjojo menyebut, akan menurunkan bunga kredit pada awal 2018. Hal ini seiring dengan kondisi pasar dan penurunan bunga dari perbankan.

Sepanjang tahun ini, MTF sejatinya telah menurunkan bunga pembiayaan 25 basis poin Misal untuk kredit tenor satu tahun turun dari 3,5% menjadi 3,25% . "Untuk menurunkan kembali memang butuh waktu beberapa bulan, proyeksi awal 2018. Kami tidak langsung turunkan, karena bunga MTF saat ini sudah murah," kata Harjanto.

Menurut Harjanto, bunga kredit yang turun akan mendongkrak pembiayaan. Sebab konsumen akan membayar angsuran lebih ringan. Saat ini sumber pendanaan MTF 70% dari joint financing dengan Bank Mandiri dan sisanya berasal dari pinjaman bilateral dan offshore.

Hingga Agustus 2017, MTF telah menyalurkan pembiayaan Rp 13,6 triliun, naik 13% secara year on year (yoy). Pembiayaan ditopang dari kendaraan baru dengan porsi 95% dan sisanya ke kredit motor besar, multiguna atau mobil bekas dan alat berat.

PT BCA Finance di tahun ini juga telah menurunkan bunga kredit dari 3,25% menjadi 3,17% untuk tenor satu tahun. Begitupun dengan tenor dua tahun yang telah dipangkas dari 4,05% jadi 3,97%. Hingga akhir tahun ini, BCA Finance belum ada rencana lagi untuk kembali menurunkan bunga kredit.

PT Verena Multi Finance Tbk masih mengkaji penurunan bunga pinjaman. Direktur Utama Verena Multi Finance Andi Harjono mengatakan, penurunan bunga multifinance akan berlangsung selama tiga bulan setelah perbankan menurunkan bunga. "Kami pasti ikut menurunkan, kalau tidak ditinggal sama konsumen," kata dia.

Menurut Andi, industri multifinance jarang menurunkan bunga kredit ke konsumen. Agar menarik minat, multifinance menawarkan promo dan paket lain setiap pembelian kendaraan. "Sebenarnya bunga kredit pembiayaan saat ini sudah sangat rendah," tambah Andi.

Bunga kredit pembiayaan Verena saat ini yakni 9%-10% untuk tenor tiga tahun, 9,75%-10% tenor dua tahun dan 9,5%-9,75% tenor satu tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×