kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nasabah Korporasi Multinasional Topang Bisnis Bank Asing di Indonesia


Kamis, 23 Mei 2024 / 19:54 WIB
Nasabah Korporasi Multinasional Topang Bisnis Bank Asing di Indonesia
ILUSTRASI. CEO Citi Indonesia Batara Sianturi


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kantor Cabang Bank Luar Negeri (KCBLN) di Indonesia atau biasa disebut bank asing tetap mampu menunjukkan kinerja ciamik. Di mana, bisnis bank asing ini kebanyakan ditopang oleh kredit nasabah korporasi multinasional.

Meski, dalam beberapa tahun terakhir, tak jarang bank asing ini yang undur diri di Indonesia atau hanya sekedar menjual sebagian bisnisnya. Namun, potensi bisnis merek di tanah air dipercaya masih prospekti.

Ambil contoh, Citibank, N.A., Indonesia (Citi Indonesia) yang sejak awal tahun 2024 ini sudah tak memiliki bisnis konsumer. Namun, bank tersebut masih mampu mencatatkan laba bersih Rp 665,9 miliar selama tiga bulan pertama tahun 2024 ini atau naik 17% secara tahunan (YoY).

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan bahwa hal tersebut didorong oleh peningkatan pendapatan operasional lainnya dan membaiknya biaya operasional. Meskipun, pendapatan bunga bersih Citi Indonesia turun 23% menjadi Rp 936,3 miliar di kuartal I-2024.

Baca Juga: Naik 17%, Citi Indonesia Catat Laba Bersih Senilai Rp 665,9 Miliar di Kuartal I-2024

Hanya saja, Batara mengungkapkan untuk pendapatan bunga bersih tak bisa dibandingkan secara tahunan. Sebab, pada periode sama tahun lalu, Citi Indonesia masih menjalankan bisnis konsumer.

“Tapi kalau kita bandingkan institutional banking sama insititutional banking di kuartal I-2024, pendapatan bunga bersihnya masih tumbuh 7%,” ujar Batara.

Adapun, Batara mengungkapkan bahwa bisnis institusional banking masih memiliki kinerja yang positif. Meskipun, ia menyadari bahwa selama periode Januari 2024 hingga Maret 2024 ini, nasabah multinasional sedikit wait and see menunggu berlangsungnya pemilu.

Selepas pemilu selesai, Batara melihat nasabah multinasional yang dimiliki mulai bergeliat. Harapannya, hal tersebut bisa mendongkrak kredit Citi Indonesia lebih kencang lagi di sisi tahun 2024 berjalan.

“Saya lihat klien-klien Citi yang ada di Asia seperti China itu tetap berinvestasi di Indonesia dan mereka bilang setelah pemilu, Indonesia tetap menjadi pasar yang baik,” tambah Batara.

Baca Juga: Charoen Pokphand (CPIN) Terima Kredit Sindikasi Rp 7,5 Triliun, Begini Kata Manajemen

Sementara itu, HSBC Indonesia juga tetap mencatatkan pertumbuhan laba sepanjang periode kuartal I-2024 menjadi Rp 820,94 miliar. Pada periode sama tahun sebelumnya, HSBC Indonesia mencatat laba bersih Rp 457,49 miliar.

Meski demikian, pendapatan bunga bersih HSBC Indonesia terpantau turun 1,94% YoY menjadi Rp 1,1 triliun. Namun, bank tersebut masih mampu meningkatkan penyaluran kredit dalam setahun dari Rp 55,62 triliun menjadi Rp 56,84 triliun.




TERBARU

[X]
×