kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,17   13,29   1.46%
  • EMAS953.000 -0,83%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Nasabahnya kena skimming Rp 80 juta, BRI berikan tips transaksi yang aman


Jumat, 06 September 2019 / 11:00 WIB
Nasabahnya kena skimming Rp 80 juta, BRI berikan tips transaksi yang aman
ILUSTRASI. Barang buktu kejahatan penyadapan kartu debit nasabah bank

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Media sosial Twitter kembali ramai oleh pengakuan akun @adty**r. Akun ini mengaku kehilangan dana Rp 80 juta di rekeningnya. Ia merupakan nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Setelah buku tabungannya dicetak, terjadi penarikan dana sebesar Rp 70 juta pada periode 28 Agustus 2019 hingga 2 September 2019 dengan nominal masing-masing Rp 2,5 juta. Adapun kemudian, terjadi penarikan susulan sebesar Rp 10 juta.

Baca Juga: Waspadalah, kejahatan siber masih mengancam nasabah bank

Sementara itu, ketika dikonfirmasi oleh Kompas.com, pihak BRI melalui Corporate Secretary Heri Purnomo menjelaskan nasabah tersebut menyimpan dananya menjelaskan telah mengganti dana nasabah tersebut sebesar 100%.

Namun, dirinya enggan menjelaskan penyebab dari kejadian itu. "Untuk case tersebut di atas, BRI telah mengganti kerugian 100%," ujar Corporate Secretary BRI Heri Purnomo ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (6/9) malam.

Baca Juga: Nasabah BRI korban skimming Rp 80 juta sudah terima penggantian uang

Adapun dirinya mengimbau agar pengguna kartu debit untuk secara berkala mengganti PIN-nya. Ini dilakukan agar nasabah terhindar dari tindak kejahatan skimming.

"Sehingga diimbau agar para pengguna kartu debit secara periodik mengganti PIN-nya," ujar dia.

Adapun ketika berita ini ditayangkan, tautan panjang dari akun tersebut di atas telah dihapus. Pembuat tautan tersebut mengaku setelah kurang lebih 4 jam dirinya mengeluhkan kejadian, pihak customer service BRI langsung menghubungi dirinya. "

Baca Juga: *Kena skimming, BRI akan mengganti dana nasabahnya yang raib (Disertai Hak Jawab BRI)

Saya juga mengapresiasikan apa yg saya alami akan ditindak dengan cepat dan dijadikan prioritas, sampai saat ini pihak Bank BRI masih mem-follow up kasus yang saya alami. Sambil menunggu hingga 20 hari kerja," ujar dia dalam cuitannya pada Rabu (4/9).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Uang Nasabah Sempat Hilang Rp 80 Juta, BRI Beri Tips Aman Transaksi"
Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
MENAGIH UTANG ITU MUDAH Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 7

[X]
×