kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nasional Re antisipasi potensi kenaikan klaim reasuransi kredit tahun depan


Senin, 06 Desember 2021 / 19:50 WIB
Nasional Re antisipasi potensi kenaikan klaim reasuransi kredit tahun depan
ILUSTRASI. Ilustrasi Reasuransi


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Reasuransi Nasional Indonesia atau NasionalRe mulai mengantisipasi adanya kenaikan klaim reasuransi di tahun depan. Bukan tanpa sebab, relaksasi kredit yang akan berakhir tahun depan bisa jadi mendorong kenaikan dari sisi klaim.

“Jangan sampai kemudian kecukupan dana untuk membayar klaim jika nanti ada klaim, itu tidak ada. Makanya me-review pencadangan di samping juga menegosiasi tarif dan bagaimana berkoordinasi dengan perbankan supaya mitigasi resiko pemberian kredit ke debitur itu juga melibatkan pihak reasuradur,” ujar Direktur Utama NasionalRe sekaligus pengurus Asosiasi Asuransi Umum Indonesia Dody Dalimunthe saat ditemui, Senin (6/12).

Memang, jika menilik data AAUI semester pertama kemarin klaim reasuransi untuk asuransi kredit masih terkoreksi 64,6% yoy dengan nilai mencapai Rp 501 miliar. 

Adapun, capaian tersebut menempatkan lini bisnis asuransi kredit memiliki kontribusi terbesar kedua dengan porsi 16%. Sementara, klaim terbesar untuk perusahaan asuransi adai di lini bisnis asuransi properti atau harta benda.

Baca Juga: AAJI: Proses perekaman saat penawaran produk asuransi itu efektif

Dody pun bilang saat ini pihaknya sedang memperbaiki tata kelola resiko dengan pencadangan kami lebih baik. Ia menjelaskan kalau saat ini pihaknya lebih konservatif dalam menghitung pencadangan 

“Cadangan kami sepertinya memang paling tinggi diantara peer kami di perusahaan reasuransi. Kami saat ini lebih konservatif dalam menghitung pencadangan menggunakan metode yang lebih baik dari sebelumnya,” imbuh Dody.

Sekadar informasi, hingga kuartal tiga lalu, NasionalRe mencatatkan pendapatan premi senilai Rp 5,07 triliun. Sementara, klaim brutonya mencapai Rp 2,82 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×