kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OJK: Aturan Transparansi Suku Bunga Bank Akan Terbit Sebelum Akhir Tahun


Rabu, 11 Oktober 2023 / 04:45 WIB
OJK: Aturan Transparansi Suku Bunga Bank Akan Terbit Sebelum Akhir Tahun


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menyusun aturan mengenai transparansi suku bunga perbankan. Aturan itu ditargetkan rampung sebelum akhir tahun.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan, saat ini aturan tersebut tengah dalam proses penyempurnaan. Nantinya OJK akan mengonsultasikan hal tersebut kepada DPR. 

"Proses masih di dalam rules making dalam proses dan tidak lama lagi kita akan meminta pendapat dari pihak-pihak terkait dan meminta tanggapan tertulis. Targetnya tidak akan sampai akhir tahun," katanya saat konferensi pers Rapat Dewat Komisioner OJK, Senin (9/10).

Untuk diketahui, aturan terkait transparansi suku bunga kredit ini sebelumnya telah tertuang dalam POJK nomor 3 tahun 2019 dan dengan adanya POJK terbaru nantinya akan mengatur transparansi dan publikasi suku bunga dasar kredit bagi bank umum konvensional sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK).

Baca Juga: Ini Kata Dirut Superbank Terkait Rencana KakaoBank Masuk Jadi Pemegang Saham

Di aturan turunan UU P2SK tersebut terdapat beberapa prinsip yang akan diatur. Tentunya ini mengacu pada transparansi kredit kepada masyarakat. Prinsip prinsip yang akan diatur antara lain komponen dasar pembentuk suku bunga dan transparansi ke publik terkait dengan suku bunga dasar kredit atau SBDK.

Aturan ini juga diharapkan dapat berkontribusi dalam mengendalikan margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) industri perbankan yang kian menggemuk, bahkan di tengah era suku bunga tinggi.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat NIM bank per Agustus 2023 berada di level 4,87%, naik dari bulan sebelumnya di level 4,84% dan sepanjang tahun ini. 

Selanjutnya: Setoran Pajak Tahun Ini Bisa Melampaui Target

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×