kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OJK minta multifinance tetap jaga kepercayaan perbankan


Rabu, 09 Mei 2018 / 00:03 WIB
OJK minta multifinance tetap jaga kepercayaan perbankan
ILUSTRASI. Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Riswinandi


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada pelaku industri multifinance tetap menjalin hubungan baik dan menjaga kepercayaan perbankan. Sebab sampai saat ini sekitar 80% sumber dana multifinance masih mengucur dari perbankan.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK menyampaikan, dominannya perbankan dalam memberikan pendanaan kepada perusahaan pembiayaan menunjukkan bahwa industri pembiayaan dan perbankan telah memiliki hubungan kerja sama yang sangat kuat dan panjang.

Namun demikian, semua menyadari hubungan harmonis antara perbankan dan industri pembiayaan yang sudah terjalin baik selama ini, sedikit terganggu dua tahun terakhir ini oleh adanya permasalahan di beberapa perusahaan pembiayaan yang membuat persepsi reputasi industri pembiayaan di mata perbankan menjadi kurang baik.

Di samping itu, fakta di lapangan menunjukkan bahwa sebenarnya masih jauh lebih banyak jumlah perusahaan pembiayaan yang memiliki kinerja keuangan, manajemen risiko dan penerapan good corporate governance (GCG) yang baik, dibandingkan segelintir perusahaan pembiayaan bermasalah.

"Tentu, dinamika hubungan kerja sama dengan perbankan menjadi tantangan dan pekerjaan rumah yang besar bagi pelaku industri pembiayaan agar dapat meyakinkan dan memulihkan kembali reputasi perusahaan pembiayaan di mata perbankan," kata Riswinandi di sela-sela keynote speech di acara seminar nasional Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) di Jakarta, Selasa (8/5).

Untuk itu, OJK berharap pelaku industri terus berbenah dalam menjaga tata kelola dan manajemen perusahaan dengan baik. Dengan begitu, kerja sama dengan perbankan akan terus terjalin yang akan saling menguntungkan satu sama lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×