kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OJK tutup Kompetisi Inklusi Keuangan (KOINKU) 2021, ini daftar pemenangnya


Rabu, 03 November 2021 / 07:29 WIB
OJK tutup Kompetisi Inklusi Keuangan (KOINKU) 2021, ini daftar pemenangnya


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan dan stakeholders terkait secara rutin menyelenggarakan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) selama bulan Oktober 2021.

Dalam acara penutupan BIK, OJK mengumumkan pemenang Kompetisi Inklusi Keuangan (KOINKU) 2021 dengan total hadiah sebesar Rp 130 juta.

Kompetisi yang telah diselenggarakan sejak tahun 2014 ini menjadi salah satu strategi OJK dalam meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat terhadap inklusi keuangan. Tidak hanya itu, kompetisi ini juga diadakan dalam rangka mencari ide-ide kreatif serta inovatif terkait model inklusi keuangan.

Tema KOINKU tahun ini adalah “Inovasi Model Inklusi Keuangan Dalam Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional” yang diikuti oleh sebanyak 156 peserta dan terbagi menjadi dua kategori umum dan mahasiswa.

“Pelaksanaan KOINKU tahun 2021 bertujuan untuk memperoleh model inklusi keuangan yang dapat diimplementasikan dalam mendorong peningkatan akses keuangan dan mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional, yang pada akhirnya dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat Indonesia” ujar Kristrianti Puji Rahayu, Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK dalam keterangan resmi, Selasa (2/11).

Baca Juga: OJK dukung kebijakan keuangan berkelanjutan di Indonesia

Dari 156 proposal yang telah diterima dilakukan tahap penjurian oleh dewan Juri yang terdiri dari OJK, perwakilan SMESCO, perwakilan dari PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), perwakilan Asian Development Bank (ADB) dan Perwakilan akademisi dari Universitas Indonesia.

Ashraf Farahnaz selaku salah satu juri perwakilan BMRI menyampaikan, kegiatan KOINKU merupakan kegiatan yang sangat positif dalam menggali ide-ide proposal yang aplikatif dan dan kontributif  dalam rangka  penyediaan akses keuangan terhadap produk/layanan jasa keuangan pada lembaga jasa keuangan formal.

Berikut adalah rincian pemenang KOINKU tahun 2021:

Kategori Umum:

·         Juara1  : 1Score

Inovasi Sistem Credit Scoring pada Aplikasi Pencatatan UMKM Untuk Mendukung Akses Pembiayaan UMKM dan Pemulihan Ekonomi Nasional

·         Juara 2 : Referral

Kredit Pedagang Kilat

·         Juara 3 : EMAX

e-Mak: Arisan Elektronik Dengan Pendekatan Komunitas Ibu Rumah Tangga Guna Percepatan  Inklusi Keuangan Indonesia

Kategori Mahasiswa:

·         Juara1 : Environma

Baca Juga: OJK: Pembiayaan berkelanjutan di perbankan capai Rp 809,75 triliun

L-Askar: Limbah untuk Asuransi UMKM yang Berdikari: Aplikasi Inklusi Keuangan yang Ramah Lingkungan

·         Juara 2 :  Harvest moon

Teman Tani: Solusi Inklusif Layanan Asuransi Digital Terintegrasi Sektor Pertanian Sebagai Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

·         Juara 3  : Together

BANK (Bina Anggaran Keuangan) Digital Desa

Melalui kegiatan KOINKU, OJK akan terus berkomitmen dalam mendorong adanya berbagai inovasi model inklusi keuangan dalam rangka  mendukung tercapainya tingkat inklusi keuangan sebesar 90% pada akhir tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×