kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pefindo terima mandat emisi Rp 20,4 triliun


Jumat, 20 Mei 2016 / 19:40 WIB
Pefindo terima mandat emisi Rp 20,4 triliun

Reporter: Dina Farisah | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Mandat emisi obligasi terus bermuara kepada PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Perusahaan pemeringkat ini telah mengantongi mandat yang telah listing sebesar Rp 20,45 triliun.

Hendro Utomo, Senior Vice Presiden tDivision Head Financial Institution Ratings PT Pefindo mengatakan, hingga 16 Mei 2016, total pencatatan surat utang secara nasional  sebesar Rp 24,552 triliun. 

Dari angka tersebut, mandat yang diterima Pefindo dan sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) mencapai Rp 20,452 triliun. 

Mandat yang diperoleh Pefindo tersebut terdiri dari lima sektor industri sebanyak 17 perusahaan. Sektor perbankan dan pembiayaan masih mendominasi mandat.

Per 16 Mei 2016, total pencatatan surat utang secara nasional sebanyak 20 perusahaan. Dari jumlah tersebut, 17 di antaranya diperingkat oleh Pefindo. Sementara ada tiga perusahaan pembiayaan yang tidak menggunakan jasa Pefindo.

"Pemeringkatan emisi selama empat setengah bulan ini kurang lebih sama dengan periode yang sama tahun lalu. Secara historis, biasanya pemeringkatan pada semester I lebih semarak," terang Hendro kepada KONTAN.

Ke depannya, Pefindo terus menangkap peluang memeringkat emisi obligasi. Hendro bilang, tim marketing Pefindo senantiasa aktif menjajaki klien-klien potensial untuk diperingkat. Hingga akhir tahun, Pefindo menargetkan perolehan mandat yang telah listing sebesar Rp 60 triliun.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×