kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pegadaian prediksi transaksi gadai emas turun jelang Lebaran, ini penyebabnya


Selasa, 20 April 2021 / 16:55 WIB
Pegadaian prediksi transaksi gadai emas turun jelang Lebaran, ini penyebabnya
ILUSTRASI. Karyawan menunjukkan emas logam mulia di kantor Pegadaian Cabang Senen, Jakarta Pusat. Tribunnews/Herudin


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulan Ramadan membawa berkah bagi bisnis gadai. Biasanya permintaan pembiayaan dari gadai naik saat bulan puasa. PT Pegadaian (Persero) menyatakan, bisnis gadai emas masih menjadi andalan perseroan selama periode tersebut. 

Damar Latri Setiawan, Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan Pegadaian mengatakan, perkembangan tren bisnis gadai biasanya akan meningkat sebelum memasuki Ramadan seiring meningkatnya kebutuhan modal kerja masyarakat seperti untuk membeli barang untuk berjualan saat Ramadan.

"Sejak bulan Januari 2021 hingga menjelang Ramadan tahun 2021 ini untuk produk gadai, Pegadaian telah menyalurkan omset sebesar Rp 46 triliun," kata Damar kepada Kontan.co.id, Selasa (20/4).

Kendati demikian, menurut Damar kondisi akan berbalik ketika menjelang lebaran atau momen mendekati Hari Raya Idul Fitri, bisnis gadai menurun sejalan dengan cairnya Tunjangan Hari Raya dan keinginan masyarakat menggunakan perhiasan saat berlebaran.

Baca Juga: Harga emas siang ini di Pegadaian, Selasa 20 April 2021

"Berdasarkan pengalaman di tahun- tahun sebelumnya, penurunan transaksi gadai di periode ini sekitar 2%–4%," ujar Damar.

Sementara itu, sampai dengan 13 April 2021, Saldo Pinjaman (Outstanding Loan) Pegadaian kepada masyarakat untuk Produk Gadai secara year on year (yoy) atau dibanding tahun sebelumnya tumbuh 20,3%.

Selain itu, untuk pertumbuhan Gadai disebut masih lebih baik dari Tebus, hal ini dapat di lihat dari kinerja Rekening Aktif Pegadaian sampai dengan 13 April 2021 untuk Produk Gadai secara year-to-date (ytd) tumbuh 6,49%.

Damar juga menyampaikan, jumlah nasabah yang sudah bertransaksi Produk Gadai di Pegadaian sepanjang Tahun 2021 mencapai 12 juta nasabah. 

Ia menyebut, pada tahun 2021 ada peningkatan yang cukup signifikan pada transaksi Gadai Tabungan Emas yang naik sebesar 102% dibanding tahun lalu yang dapat diakses tanpa harus datang ke outlet Pegadaian yaitu melalui Aplikasi Pegadaian Digital Service sehingga mempermudah nasabah mendapat pembiayaan Gadai di saat Pandemi.

Dalam menjaga kinerjanya di tahun ini, Pegadaian meluncurkan beberapa fitur produk baru dalam rangkaian perayaan HUT ke-120. Di antaranya adalah Gadai harian, Cicil perhiasan, dan Gadai efek untuk meningkatkan kualitas layanan sesuai kebutuhan nasabah. Untuk Gadai harian Tarifnya sangat murah, untuk pinjaman Rp 1 juta cukup membayar bunga Rp 900 per hari.

Selanjutnya: Menteri BUMN Erick kembali angkat Kuswiyoto sebagai dirut Pegadaian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×