kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pegadaian salurkan kredit ultra mikro ke Gorontalo dan Kendari


Selasa, 05 Maret 2019 / 09:44 WIB
Pegadaian salurkan kredit ultra mikro ke Gorontalo dan Kendari


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pegadaian meningkatkan penyaluran program Kredit Ultra Mikro (Kredit UMi) Kreasi UMi ke Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Gorontalo dan Kendari, Sulawesi Tenggara. Di Gorontalo, secara rinci, Pegadaian memberikan Kreasi UMi sebesar Rp 191 juta untuk 27 debitur di Kabupaten Bone Bolango dan sebesar Rp 153 juta ke 24 debitur di Kabupaten Boalemo.

Pegadaian juga menyalurkan kredit sebesar Rp 1,38 miliar ke 198 debitur di Kabupaten Gorontalo, sebanyak 12 debitur senilai Rp 88 juta di Kabupaten Gorontalo Utara, dan sebanyak 12 debitur senilai Rp 88 juta di Kabupaten Pahuwanto. Dengan begitu, hingga saat ini, program Kreasi UMi yang sudah disalurkan ke Gorontalo adalah sebesar Rp 1,89 miliar.

Sementara itu, Pegadaian menyalurkan Kreasi UMi sebesar Rp 1,24 miliar kepada 179 peminjam di Kendari. Dengan begitu, hingga saat ini, total penyaluran kredit di Kendari sebesar Rp 1,97 miliar ke 497 peminjam.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Harianto Widodo mengatakan, pihaknya akan terus mendukung program pemerintah untuk mengembangkan UMKM melalui Kredit UMi.

“Kami juga akan menambah jumlah nasabah baru di berbagai daerah dengan kredit ultra mikro maksimal Rp 10 juta per nasabah," kata dia melalui keterangan tertulisnya, Senin (3/3).

Pengembalian pinjaman Kreasi UMi dapat dicicil secara bulanan dengan pilihan jangka waktu 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, dan 36 bulan. Selain itu, proses pencairan kredit ini juga relatif cepat.

"Proses kredit hanya membutuhkan tiga hari saja dan dana dapat segera cair. Kalau bunga pinjaman relatif murah dengan angsuran tetap per bulan," kata dia.

Kreasi UMi ini adalah bagian program Pegadaian untuk memajukan perekonomian masyarakat yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan akses permodalan dari perbankan. Oleh karena itu, Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menjelaskan, perusahaannya akan terus mengembangkan Kreasi UMi ini. Salah satunya adalah dengan sistem jaminan kredit baru dengan menggunakan tabungan emas.

Sebagai informasi, Kreasi UMi dapat diperoleh di seluruh gerai Pegadaian di Indonesia. Caranya adalah dengan melengkapi persyaratan, yaitu memiliki usaha yang memenuhi kriteria kelayakan dan sudah berjalan satu tahun, fotokopi kartu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan surat nikah (jika sudah menikah).

Lalu, menyerahkan dokumen yang sah dan dokumen kepemilikan kendaraan bermotor meliputi Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) asli, fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan faktur pembelian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×