kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pegadaian tingkatkan standardisasi 220 outlet di tahun ini


Kamis, 29 Oktober 2020 / 14:32 WIB
Pegadaian tingkatkan standardisasi 220 outlet di tahun ini
Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto saat peresmian gerai Pegadaian cabang Kediri.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pegadaian Persero melakukan standardisasi terhadap 220 outlet di seluruh Indonesia tahun ini. Perubahan dilakukan untuk meningkatkan mutu layanan dan memberikan kenyamanan bagi nasabah, saat bertransaksi di outlet Pegadaian. 

Pencanangan wajah baru outlet Pegadaian dengan tema “Wajah Baru Untuk Indonesia” ditandai dengan diresmikannya outlet Pegadaian cabang Kediri pada Rabu, 28 Oktober 2020. Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan standardisasi outlet akan lebih mengedepankan kemudahan akses, interaksi, desain dan fungsi ruang yang lebih nyaman serta fleksibel. 

Perubahan outlet dilakukan untuk meningkatkan brand image outlet Pegadaian menjadi lebih modern sehingga bisa menjaring segmentasi calon nasabah baru melalui tampilan gedung yang elegan dan modern. “Standardisasi outlet bisa memberikan atmosfer dan semangat bekerja yang baru untuk meningkatkan kualitas, mutu layanan, dan memberikan pengalaman baru kepada nasabah yang datang ke Pegadaian. Dengan begitu, nasabah bisa nyaman saat bertransaksi di Pegadaian” Kata Kuswiyoto dalam keterangan resmi, Kamis (29/10). 

Baca Juga: NPL terus naik, begini cara bank besar menyiasatinya

Perbedaan standarisasi terletak pada desain yang lebih modern dan elegan untuk mengakomodir ruang untuk penjualan relationship officer. Jika luas memadai, akan dilakukan penambahan ruang layanan khusus bagi nasabah prioritas. 

Sementara perubahan desain dan spesifikasi material jadi lebih baik dari sebelumnya, serta disesuaikan dengan pola adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) dalam pelayanan ke nasabah dengan menerapkan penggunaan penyekat berbahan acrylic pada counter & meja transaksi, tempat duduk terpisah yang dapat disesuaikan jaraknya, fasilitas tempat cuci tangan serta hand sanitizer.

Standarisasi outlet baru ini tidak hanya memberikan kenyamanan pada nasabah, tetapi juga bagi karyawan Pegadaian. Tidak hanya itu, melalui standarisasi ini karyawan juga diharapkan dapat bekerja lebih semangat, dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah. “Dengan suasana outlet baru yang jauh lebih nyaman dan modern dari tampilan outlet sebelumnya, bisa membuat para karyawan nyaman dan bisa bekerja lebih semangat dalam melayani nasabah” Ucap kuswiyoto.

Sementara Direktur Pesona Indonesia Jaya (PIJ), Sri Suryani, yang sekaligus sebagai penanggung jawab dalam proses pembangunan standarisasi outlet Pegadaian, mengatakan bahwa Pegadaian mengambil sejarah baru setelah melakukan transformasi produk, sistem hingga budaya kerja. 

Baca Juga: OJK ingatkan perusahaan untuk mewaspadai lonjakan klaim asuransi kredit saat pandemi

Memasuki akhir Oktober 2020, progres pembangunan telah mencapai 76,4% dari total target 220 outlet yang akan dilakukan standarisasi hingga Desember 2020. Saat ini pembangunan masih terus dilakukan, di mana 78 outlet dalam proses pengerjaan dan 52 outlet lainnya masih dalam tahap desain. “Pada pertengahan Juli 2020, kami ditarget harus menyelesaikan 220 outlet yang telah di  standarisasi hingga akhir Desember 2020, sehingga bagi kami proyek ini merupakan pekerjaan besar. Proses pembangunan standarisasi outlet hanya berfokus pada tiga titik lokasi, yaitu tampilan muka, ruang publik, dan back office," ungkapnya. 

Tidak hanya itu, proses standarisasi outlet juga akan dilakukan penambahan sekitar 200 kantor cabang pada tahun 2021. Ke depannya, standarisasi outlet akan diimplementasikan secara bertahap pada semua outlet Pegadaian di seluruh Indonesia.

Selanjutnya: Tiga bank besar ini sudah rilis kinerja kuartal III, siapa yang paling moncer?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×