kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pegawai IT Bank BTN Sudah Sekitar 400 Orang, Masih Akan Ditambah


Kamis, 12 Januari 2023 / 13:40 WIB
Pegawai IT Bank BTN Sudah Sekitar 400 Orang, Masih Akan Ditambah
ILUSTRASI. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) melihat kebutuhan talenta digital akan terus meningkat setiap tahunnya.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) melihat kebutuhan talenta digital akan terus meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, bank pelat merah ini terus melakukan berbagai upaya untuk bisa memenuhi peningkatan tersebut.

Persaingan mendapatkan talenta digital masih akan terus mewarnai industri perbankan ke depan. Pasalnya, ketersediaan talenta masih belum sebanding dengan kebutuhannnya.

Kebutuhan talenta digital akan terus meningkat mengingat transformasi digital tidak hanya dilakukan bank besar saja. Apalagi, bank juga harus bisa memenuhi berbagai aturan baru yang dirilis seperti perlindungan data pribadi serta ketahanan dan keamanan siber.

Persaingan juga tidak hanya antar bank saja, tetapi bank juga mesti berkompetisi dengan perusahaan financial technology.

Eko Waluyo, Direktur Human Capital Compliance & Legal BTN mengatakan, jumlah karyawan BTN di bidang digital/IT hingga awal Janurai 2023 ini mencapai sekitar 400 orang.

Baca Juga: Ini Bank dengan Biaya Tenaga Kerja Terbesar di Indonesia

Untuk pengembangan talenta tersebut, BTN telah mendaftarkan talenta digital di Digital Talent Hub Kementerian BUMN sebanyak 1.595 orang per Desember 2022 atau setara 13,55% dari total pegawai.

"Pada tahun 2025, Bank BTN menargetkan minimal 20% dari total pegawai terdaftar pada Digital Talent Hub sesuai dengan arahan Kementerian BUMN," kata Eko pada Kontan.co.id, Kamis (12/1).

Sebagai upaya pemenuhan kebutuhan talenta digital, ada dua langkah yang dilakukan perseroan yakni melalui rekrutmen khusus bidang IT dan pengembangan internal Bank BTN.

Eko bilang, pada 2022, Bank BTN melakukan rekrutmen khusus terkait bidang IT melalui Office Development Program (ODP) khusus IT dan rekrutmen khusus  profesional hire untuk memenuhi jabatan-jabatan yang memerlukan skill set khusus.

Selain rekrutmen  ODP Khusus IT, Bank BTN juga melakukan beberapa rekrutmen profesional hire yang memiliki keahlian spesifik dalam bidang IT dan tidak dimiliki talenta internal Bank BTN.

Selanjutnya, Bank BTN telah menyusun career path khusus dalam bidang IT untuk memastikan bahwa pegawai IT memiliki jalur karir yang pasti. BTN juga akan melakukan pengembangan talenta, baik yang bersifat sertifikasi dan non sertifikasi.

"Pengembangan dilakukan antara lain Archimate 3.1 & Certification, Sertifikasi Certified Associate in Project Management (CAPM), Certified Information System Auditor (CISA), Cetified IT Capacity Planning Expert (CICPE), CompTia Security+, Data Science Essential, Mastering Flutter, dan lain-lainl," imbuh Eko.

Baca Juga: RUPS BTN Angkat M Yusuf Permana Gantikan Heru Budi Hartono Sebagai Komisaris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×